|

Upacara Adat Pantulak dan Pembukaan Adat Balala Batamangk di Pahuman


upacara ritual adat Dayak Pantulak (penolak) wabah virus Corona dan pembukaan Adat Balala’ Batamangk (isolasi diri),

Sengah Temila (Suara Landak) - Tepat di persimpangan jalan raya Pahuman-Ubah Kecamatan Sangah Temila Kabupaten Landak dilaksanakan upacara ritual adat Dayak Pantulak (penolak) wabah virus Corona dan pembukaan Adat Balala’ Batamangk (isolasi diri), Minggu (22/3/2020).

Kegiatan upacara ritual adat Dayak tersebut di hadiri oleh Camat Sengah Temila Emilius, Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan, Babinsa Desa Pahuman Serma Damianus Amit, Ketua DAD Sengah Temila Yunus Alimin, Koordinator Timanggong Kecamatan Sengah Temila Albino Indarto (Beben), Kades Terpilih Pahuman Diano, Timanggong Binua Sapiuk Raya Y. Asip dan masyarakat sekitar.

Pada kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan doa oleh panyangahatn (pembaca doa adat Dayak) meminta keselamatan kepada Jubata (Tuhan) untuk dijauhkan dari wabah virus Corona.

Ketua DAD Sengah Temila Yunus Alamin menerangkan bahwa kegiatan upacara adat Dayak Pantulak adalah merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat Dayak di kecamatan Sengah Temila dalam rangka menolak kuasa jahat atau segala penyakit yang datang di tengah-tengah masyarakat.

Upacara adat Pantulak adalah merupakan pembuka dari kegiatan Balala’ Batamangk (isolasi diri) di Kecamatan Sengah Temila, dimana seluruh lapisan masyarakat mulai hari Minggu (22/3/2020) pukul 18.00 WIB s/d Senin (23/3/2020) pukul 18.00 WIB tidak ada yang melakukan aktifitas dan hanya di rumah saja.

"Apabila ada warga masyarakat yang melanggar aturan balala tersebut akan dikenai sanksi adat," jelas Ketua DAD Sengah Temila.

Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan mengatakan bahwa Polsek Sengah temila akan melaksanakan monitoring dan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat Kecamatan Sengah Temila, karena adat Balala’ Batamangk ini sudah sejalan dengan anjuran pemerintah agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah.

Selain itu Polsek Sengah Temila tetap melaksanakan kegiatan patroli sambang ke tempat-tempat dimana yang dapat mendatangkan orang ramai.

"Serta membantu sosialisasi yang dilakukan oleh Puskesmas Pahauman tentang bagaimana mencegah penyebaran virus corona kepada masyarakat," pungkasnya. (Simson/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini