|

RSUD Landak Himbau Warga agar Tidak Panik Mengenai Penyebaran Virus Corona

Direktur RSUD Landak Wahyu Purnomo

Ngabang (Suara Landak) - Mengingat dampak virus Corona yang meresahkan masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak telah melaksanakan sejumlah langkah antisipasi penanganan virus tersebut, Selasa (3/3/2020).

Direktur RSUD Landak, Wahyu Purnomo mengatakan apabila ada pasien yang datang dengan keluhan infeksi saluran pernafasan dengan riwayat berpergian ke negara endemik Corona atau bertemu dengan orang yang pulang dari kawasan tersebut, maka mereka akan melakukan penanganan secara SPO.

"Untuk mengantisipasi virus Corona, sesuai arahan berjenjang Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit, kita telah membuat SPO penanganan pasien-pasien suspect atau diduga Corona," katanya.

Pihak rumah sakit tetap akan menerima dan melakukan penanganan sesuai protokol yang kemudian akan mengirim pasien terduga Corona ke rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Pemerintah.

Ia mengatakan, RSUD Kabupaten Landak hanya berstatus transit. Adapun Rumah Sakit yang ditunjuk untuk menangani kasus terduga Corona adalah Rumah Sakit Soedarso Pontianak, Rumah Sakit Sintang dan Rumah Sakit Abdul Aziz Singkawang.

Ia menghimbau untuk tidak terlalu panik, karena terdapat langkah-langkah mudah untuk menghindari tertularnya virus Corona. Langkah pertama adalah perilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan. Masyarakat dihimbau untuk sering mencuci tangan.

"Dalam hal antisipasi Corona ini adalah menjaga kebersihan tangan. Jadi harus rutin untuk mencuci tangan setelah bersentuhan atau memegang dengan barang-barang yang dianggap kotor," tambahnya.

Hal itu dikarenakan virus Corona menular melalui cairan setelah batuk dan bersin. Sehingga virus sangat mudah untuk menempel dengan benda yang ada di luar ruangan.

Langkah kedua untuk menghindari terinfeksi virus mematikan ini adalah menjaga pola makan bergizi dengan istrahat yang cukup. Dan yang terakhir menjaga etika batuk ketika terserang flu.

"Masker itu diprioritaskan untuk orang sakit. Untuk orang sehat kalau memang ada, itu bagus. Dan apabila tidak ada, maka jangan terlalalu khawatir," sambutnya. (Fik/Kun)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini