|

Lokmin Puskemas Sebangki, Cegah Stunting

Puskesmas Sebangki menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) di Gedung Serba Guna Puskesmas Sebangki

Sebangki (Suara Landak) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan peningkatan kesehatan, Puskesmas Sebangki menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) di Gedung Serba Guna Puskesmas Sebangki Desa Sebangki Kecamatan Sebangki, Senin (02/03/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak Subanri, Frokopincam Kecamatan Sebangki,Kepala BPP Kecamatan Sebangki Nina, Kepala Puskesmas Sebangki Manok Triono, Dokter Umum Puskesmas Sebangki Petrorima Selva, Perwakilan dari PT. CNP Kecamatan Sebangki Teguh Imam Suyudi, Perwakilan dari PT. GSK Kecamatan Sebangki I Ketut Agus M, Kepala Sekolah tingkat SMA dan SMP Sebangki, Para Kades se-Kecamatan Sebangngki, Para Kader Posyandu se-Kecamatan Sebangki.

Dalam Sambutan Kepala Puskesmas Sebangki Triono menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Lokmin adalah sebagai sarana untuk menjalin kerjasama dari semua unsur dalam mencegah terjadinya stunting, angka kematian ibu dan bayi.

Serta sebagai sarana Koordinasi dalam memantau, mengetahui dan menganalisa kondisi kesehatan masyarakat Kecamatan Sebangki.

Kepala Puskesmas juga menyampaikan bahwa kesehatan bukan hanya tanggung jawab dari pihak Puskesmas tetapi juga merupakan tanggung jawab dari semua lapisan.

"Maka dari itu diharapkan kerjasama yang nyata agar perbaikan mutu kesehatan masyarakat di Kecamatan Sebangki dapat tercapai sesuai dengan Program yang telah dilaksanakan Pemerintah Pusat," kata Triono.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak Subanri menyampaikan bahwa tanggung jawab masalah kesehatan yang dibebankan ke Puskesmas hanya sebesar 25 persen. Sedangkan 75 Persen merupakan tanggung jawab dari semua pihak, baik yang tergabung di dalam program maupun lintas sektoral.

Sesuai dengan Program, Lokmin dilaksanakan dengan 4 tahap yang dimulai dari perencanaan, Plpelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

"Lokmin dilaksanakan bukan hanya sekedar pelengkap kegiatan tetapi harus menjadi kegiatan yang benar - benar untuk dapat mencari akar permasalahan tentang kesehatan yang terjadi di tengah - tengah masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan qpabila menemukan permasalahan, dapat merencanakan pelaksanaan tindakan dengan tepat dan berkelanjutan. Sehinggq warga masyarakat, generasi muda menjadi pintar dan sehat sesuai program - program Nasional.

Kapolsek Sebangki Iptu Ra'in mengatakan bahwa Pihak Kepolisian mendukung sepenuhnya program Lokakarya Mini.

"Kami mendukung sepenuhnya program Lokakarya Mini untuk mensukseskan program yang akan dikerjakan ke depannya demi kemajuan masyarakat Kecamatan Sebangki," katanya. (Aripin/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini