|

Forkopimcam Meranti Rapat Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Suasana rapat antisipasi virus Corona

Meranti (Suara Landak) - Sehubungan dengan berkembangnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau lebih dikenal dengan nama Virus Corona, Forkopimcam Meranti mengadakan pertemuan untuk melakukan langkah - langkah antisipasi di Aula Kantor Camat Meranti, Senin (16/3/2020).

Hadir dalam pertemuan tersebut Camat Meranti Ericanes Panjuga, Sekcam Meranti Sapor, Kapolsek Meranti Ipda Yulianus Van Chanel, Danramil Menyuke Peltu Suparlan, Kapus Meranti Kamisius Urip, Yohanes, Sartika Dewi beserta para Kades dan Sekdes se-Kecamatan Meranti yang mewakili.

Menurut Kapolsek Meranti Ipda Yulianus Van Chanel diadakannya pertemuan ini guna meningkatkan sinergitas antara Forkopimcam Meranti dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona agar bersama-sama dapat melakukan langkah-langkah antisipasi awal.

"Langkah awal yang disepakati dari pertemuan tersebut yaitu Kades beserta perangkatnya wajib melakukan pendataan kepada setiap warga yg sedang berada diluar negeri dan baru pulang dari luar negeri atau daerah terinfeksi positif covid-19," ujar Kapolsek Meranti

Dia menambahkan bahwa Puskesmas Meranti dan Kades wajib membuat dan memasang baliho/brosur/leaflet/Bennet tentang bahaya dan pencegahan penyebaran virus Corona diwilayah masing masing.

Aparat desa wajib segera berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Meranti dan pihak keamanan jika terdapat warga desa yang memiliki tanda dan gejala virus Corona. Setiap warga di wilayah Kecamatan Meranti yang baru datang dari luar negeri dengan positif kasus virus Corona dengan kesadaran diri wajib memeriksakan kondisi kesehatan di Puskesmas Meranti.

"Semua pihak wajib merahasiakan identitas warga yg dicurigai dan positif terinfeksi virus Corona. Jika ada warga yg baru pulang dari luar negeri dan memiliki kartu kewaspadaan kesehatan / HAC (healt alert card) yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi wajib melaporkan diri ke pihak Puskesmas Meranti dengan membawa kartu tersebut," lanjut Ipda Yulianus sambil membacakan hasil pertemuan tersebut.

Pihak Puskesmas Meranti nantinya akan melakukan contact tracing (penelusuran) terhadap warga yang pernah kontak dengan pasien terduga dan positif virus Corona. Forkompimcam Meranti mendukung kegiatan kesiap siagaan dan melakukan tindakan yang dianggap perlu dalam upaya mencegah dan penanganan virus Corona.

Pusat informasi kesehatan terkait Covid-19 di kecamatan Meranti adalah puskesmas Meranti dengan nomor kontak HP/Wa 0853-4730-4200. (JP/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini