|

Streaming Radio Suara Landak

Cegah Covid-19, Keraton Ismahayana Landak Adakan Ritual Tolak Bala

Suasana acara ritual adat tolak bala

Ngabang (Suara Landak) - Kerabat Keraton Ismahayana Landak mengadakan kegiatan ritual adat tolak bala untuk menghindari menyebaran virus Corona, Minggu (29/3/2020).

Bertempat di rumah utama komplek Keraton Ismahayana Landak, ritual adat tolak bala digelar dengan menghadirkan Pangeran Mufti Haji Ya' Julkifli sebagai pembaca doa.

Tampak hadir dalam ritual tolak bala tersebut ketua MABM Kabupaten Landak Gusti Muhardi, Pangeran Adi Pati Gusti Hermansyah, Pangeran Cakre Gusti Agus Kurniawan, Pengurus Masjid Jami' keraton Ismahayana Landak, pemuda Ismahayana Landak dan Polres Landak diwakili Paursubbag Humas Ipda Suliyanto.

Pangeran Cakre Ismahayana Landak Gusti Agus Kurniawan menerangkan bahwa ritual tolak bala ini diselenggarakan sebagai upaya dan respon kerabat Keraton Ismahayana Landak dalam mencegah dan menangkal merebaknya Covid-19 diwilayah Landak.

"Doa tolak bola diselenggarakan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT (Tuhan semesta alam) agar kita semua di Kabupaten Landak ini dijauhkan dan terhindar dari Covid-19," ucapnya disela-sela acara.

Sementara Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro yang diwakili Paursubbag Humas Ipda Suliyanto mengapresiasi langkah yang ditempuh pihak kerabat Keraton Ismahayana Landak atas penyelenggaraan ritual doa tolak bala ini.

"Kita bahu membahu berjuang mencegah menyebarnya Covid-19 meski dengan cara dan pola yang berbeda, intinya memiliki tujuan yang sama," kata Ipda Suliyanto.

Pada penyelenggaraan doa tolak bala tersebut, Pengurus Masjid Jami' Keraton Ismahayana Landak menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Jumat mulai minggu depan akan ditiadakan.

"Shalat Jumat tidak dilaksanakan mulai minggu depan hingga waktu yang memungkin, demi untuk kemaslahatan ummat dalam mematuhi aturan baik pemerintah maupun anjuran MUI," jelas Ya'Julkifli.

Dikesempatan itu pula ketua Majlis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Landak Gusti Muhardi sangat mendukung yang dilakukan kerabat keraton Ismahayana Landak dan pengurus masjid Jami' Keraton Ismahayana Landak.

"Dukungan penuh terhadap kerabat keraton Ismahayana Landak dan langkah yang ditempuh pengurus masjid Jami' Keraton Ismahayana Landak," pungkas Gusti Muhardi. (Tim/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini