|

Puskesmas Ngabang Gelar Pendataan Keluarga Sehat

Petugas Puskesmas saat lakukan pemeriksaan

Ngabang (Suara Landak) – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Ngabang melakukan pendataan keluarga sehat di wilayah Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak.

Tujuan program tersebut untuk melihat sejauh mana 12 indikator keluarga sehat sudah terpenuhi di Desa Hilir Kantor.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Ngabang FX. Dwi Handoko Suma, SKM melalui via WhatsApp, yang memberikan informasi kepada masyarakat Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang untuk berpartisipasi dalam Pendataan Keluarga Sehat.

“Pendataan dilakukan dari rumah ke rumah dimulai pada jam 13.00 sd 17.00 wib utk itu kami mohon kerjasama semua pihak mulai dari aparat desa, BPD, kepala dusun, ketua RT, pemuka masyarakat, tokoh agama dan tidak lupa anggota group ini utk tidak merasa kuatir ataupun waswas  serta berprasangka yang buruk terhadap kegiatan tersebut," jelasnya.

Dia menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Keluarga Sehat melalui 12 Indikator Keluarga Sehat sehingga dapat mengetahui masalah kesehatan yg ada diwilayah Desa Hilir Kantor.

"Petugas pendataan nantinya akan mengisi kuisioner dan memerlukan beberapa data dari keluarga yg dikunjungi, mohon kiranya dapat disiapkan foto kopi Kartu Keluarga, Buku KIA/KB atau Kartu Menuju Sehat bila ada bayi balita (bila ada),Kartu BPJS/KIS (bila ada)," tambah Kepala Puskesmas.

Petugas puskesmas dilengkapi dengan kartu pengenal dan surat tugas resmi dari kepala puskesmas ngabang dan menggunakan rompi biru bertuliskan Tim Kesehatan Puskesmas Ngabang.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mendukung serta mengajak masyarakat untuk terus memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada petugas pendataan Keluarga Sehat.

“Saya mengajak masyarakat  Desa Hilir Kantor nuntuk berpartisipasi aktif dalam Pendataan Keluarga Sehat , guna membangun keluarga-keluarga sehat di Kabupaten Landak,” ujar Karolin saat ditemui di Pendopo Bupati Landak.

Bupati Landak menjelaskan pendataan keluarga sehat ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah untuk membangun kehidupan keluarga yang sehat.

“Ini merupakan salah satu keseriusan pemerintah dalam membangun kehidupan keluarga yang sehat. Pendataan Keluarga Sehat memiliki 12 indikator yang menjadikan sebuah keluarga tersebut masuk kategori Keluarga Sehat dengan garis besarnya itu yang pertama Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, kedua Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, dan yang ketiga Perilaku dan Kesehatan Lingkungan,” jelas Karolin.

Penulis : Tim Liputan
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini