|

Streaming Radio Suara Landak

Satgas: Cegah Pembukaan Lahan dengan Cara Dibakar

Sosialisasi cegah bakar lahan
Mandor  (Suara Landak) -Satuan tugas panggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) kian gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan terjadinya bencana Karhutla di Wilayah Kecamatan Mandor.

Upaya pencegahan tersebut dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui patroli, sosialisasi dan bertatap muka langsung dengan masyarakat di daerah setempat.

"Patroli gabungan yang kami lakukan juga melibatkan unsur terkait untuk mendukung wilayah kecamatan Mandor Bebas Asap," kata Bripka Herman personil Polsek Mandor.

Dia katakannya, sosialiasi intensif Karhuta kepada warga dilakukan di Desa Ngarak, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak pada sabtu pagi (14/9 ) dimaksudkan agar masyarakat meninggalkan cara membuka lahan dengan pembakaran.

"Dampak kebakaran lahan ini cukup luas. Terutama pada saat musim kemarau tiba, ini sangat berbahaya dan cara-cara lama membuka lahan dengan dibakar harus ditinggalkan," tuturnya.

Ia menambahkan, Karhutla yang dapat menyebabkan kabut asap berdampak buruk tidak hanya pada materi, namun juga imaterial berupa gangguan kesehatan.

"Selain itu, kebakaran juga berpotensi meluas hingga perkebunan masyarakat lain yang telah produktif. Ini jelas sangat merugikan. Harapan saya, kita bersama masyarakat dapat menjaga lingkungan disekitar tempat tinggalnya bebas asap," jelas Bripka Herman. (HA) 
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini