-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Landak

suasana sosialisasi di kantor Bappeda Landak

Ngabang (Suara Landak) - Rapat sosialisasi Peraturan Perundang - undangan tentang Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Landak tahun 2019 di Kantor Bappeda Landak, Rabu (07/08/2019).

Kegiatan dihadiri para Camat, para Danramil, para Kapolsek, para Kepala Desa, Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (PPKD) serta tokoh masyarakat yang wilayah nya akan digelar Pilkades serentak.

Narasumber kegiatan sosialisasi diantaranya Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Nikolaus, Kepala Bidang Admin Desa Dinas Sosial Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak Mardimo dan Kepala Bidang administrasi Pemerintahan Desa Kabupaten Landak Hermanto.

Staf ahli Bupati Landak bidang hukum pemerintahan dan politik menjelaskan dasar hukum pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang merujuk pada Undang Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa dan Perbup Landak No. 39 tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa.

" UU Desa memberikan kewenangan penuh untuk mengatur desa dan membentuk masyarakat desa yang profesional," terang Nikolaus.

Kepala Badan Pemdes Kabupaten Landak membuka sosialisasi, Ketua Panitia memaparkan bahwa ada 50 desa dari 8 kecamatan di Kabupaten Landak yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa.

"Ada 50 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak tahun ini," ungkap Mardimo.

Kapolsek Ngabang mengungkapkan bahwa Kepolisian tetap menjaga netralitas dan menjamin keamanan pada saat Pilkades mendatang.

"Kami dari Kepolisian juga berharap para Panitia Pemilihan Kepala Desa bisa menyelenggarakan pemilihan sesuai ketentuan yang berlaku,"tegasnya.

Perlu diketahui bahwa tahap Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dimulai dari bulan September - Oktober 2019.

Pendaftaran Calon Kepala Desa dibuka mulai di akhir bulan September sampai dengan bulan Oktober 2019.

Sedangkan pelaksanaan kampanye dibulan Oktober - September dan pencoblosan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2019 mendatang.

Penulis : B. Sembiring
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini