|

Streaming Radio Suara Landak

Puncak Perayaan Tumpang Nagari ke 19 Keraton Ismahayana Landak


ziarah makan Abdul Kahar di Desa Mungguk

Ngabang (Suara Landak) - Keraton Ismahayana Landak menggelar acara adat Tumpang Nagari ke 19 tahun 2019, Senin (4/8/2019).

Menjadi acara pokok dari round down kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Ziarah ke makam Raja Abdul Kahar atau Raja pendiri Kerajaan Ismayana Landak yang terletak di Desa Mungguk Kecamatan Ngabang.

Hadir di Kegiatan Ziarah antara lain Pangeran Cakra (Kerabat Kerajaan Ngabang), Dinas Dikbud Landak, juru kunci makam, tokoh agama, tokoh adat serta para pewaris kerajaan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut selaku juru kunci makam Raja Landak Muhajir menjelaskan bahwa inti dari kegiatan ziarah adalah memanjatkan doa syukur dan memohon keselamatan negeri ini kepada Allah SWT.

Dia juga berharap agar masyarakat Landak mengerti bagaimana sejarah berdirinya Landak dan selalu mengenang jasa pendiri kerajaan Landak.

"Raja Abdul Kahar adalah anak dari Raja Pulang Pali yang beristrikan Ratu Dara Itam," jelas Muhajir.

Ditunjuk sebagai Perwira pengendali Waka Polsek Ngabang Iptu Indra Mahyudin terjunkan 10 anggota Polsek Ngabang untuk memberikan pengamanan agar kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar

"Kegiatan Tumpang Nagari ini mempunyai nilai history dan nilai budaya yang harus terus dilestarikan oleh sebab itu sejumlah personel kami terjunkan untuk membantu agar kegiatan ini dapat berjalan sukses dan lancar," ungkap Iptu Indra.

Selain kegiatan Ziarah ke makam Pendiri kerajaan Landak, rombongan juga melakukan ziarah ke makam Ratu Bongkok (kerabat kerajaan) dan mengunjungi meriam keramat yang terletak tak jauh dari sekitar makam tersebut.

Penulis : Indra Mahyudin
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini