-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Pembentukan Pokja Kampung KB di Desa Serimbu


Air Besa (Suara Landak) - Menindak lanjuti program kampung KB di Desa Serimbu yang telah berjalan sejak setahun yang lalu, maka tim  Kecamatan Air Besar melakukan pertemuan kelompok  kerja kampung KB dan staff meeting, kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Air Besar, Senin (01/04/2019).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut tim kampong KB dari kabupaten, camat Air Besar, anggota koamil, anggota polsek, perangkat Desa, Toga, Tomas dan Todat.

Camat Air Besar yang diwakili Sekretaris Camat Ya' Ruba'i dalam sambutannya menyampaikan Desa Serimbu ini merupakan barometer bagi Desa lain, karena kampung KB ini merupakan program nasional dan merupakan nawacita dari presiden.

"Karena itu perlu dukungan dari masyarakat. Desa Serimbu ini hendaknya punya inovasi agar program ini bisa berjalan lebih baik lagi dan lebih maju," terangnya.

Kabid KB Kabupaten Landak, Catur SD, dalam sosialisasi ini mengatakan bahwa konsep dari kampung KB  ini adalah  tentang jamban atau wc.

Jika masyarakat sudah mempunyai jamban untuk MCK ini akan berdampak pada kesehatan warga itu sendiri.

Terkai dengan biaya, Kampung KB dananya untuk program Kampong KB ini ada Rp.105 juta perkecamatan, jika dalam kecamatan ada dua kampong KB, maka dananya dibagi dua,untuk kegiatan tersebut.

Selain itu tujuannya adalah  mengubah pola pikir orang untuk berfikir lebih baik, terutama tentang kemampuan dalam pendidikan anak dan kesehatan dalam keluarga.

"Yang sudah masuk dalam kampong KB ada 16 kampong KB, dan rencana penambahan 4  kampong lagi, dan terus semakin bertambah," ucapnya.

Suryani Kabid dinas pengendalian penduduk pemberdayaan perempuan  dan perlindungan anak, pada keterangannya bahwa keluarga berencana bukan saja soal jumlah anak cukup dua saja, tetapi lebih pada pendidikan perubahan mindset atau pola pikir masyarakat terhadap kesehatan keluarga, pendidikan, dan gizi, sehingga dapat dipahami oleh keluarga setiap  masyarakat.

"Kampong KB di Desa Serimbu sudah berjalan sejak 1 tahun yang lalu, dulu sebelum adanya kampong KB Desa kita sudah bersih, nah dengan adanya kampong KB ini diharapkan  semakin  bersih,indah dan sehat," kata Ksumantri Kaur Pemerintahan Desa  yang mewakili Kades serimbu saat memberikan sambutannya.

Penulis : Ya' Habijan
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini