|

Streaming Radio Suara Landak

Awal Tahun Air Terjun Riam Dait Ramai Dikunjungi

Air Besar (Suara Landak) - Awal tahun 2019, Air Terjun Riam Dait atau Air Terjun Rombo Dait tujuh tingkat atau Air Terjun Remabo, berada di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, Selasa (02/01/2018).

Air Terjun cantik 7 tingkat yang berada di ujung Utara Kalimantan Barat ini memang mempunyai daya pikat tersendiri, sehingga walaupun jauh di pelosok timur laut Kota Pontianak, kurang-lebih 6 jam waktu yang diperlukan para pengunjung jika memulai perjalanan dari Kota Pontianak untuk mencapai Air terjun unik yang berlokasi di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak ini, namun selalu ramai dikunjungi.

Untuk mencapai lokasinya, selain dapat diakses dari Kota Ngabang, pengunjung bisa juga melewati Kecamatan Tayan Hulu, atau Kecamatan Kembayan, atau Kecamatan Beduai Kabupaten Sanggau melalui jalan eks PT. Batasan di Muara Ilai sejauh tidak kurang 28 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Sehingga bagi warga di wilayah Perbatasan/Sekayam Raya (Kecamatan Kembayan, Beduai, Noyan, Sekayam dan Entikong) Riam ini sering disebut Riam Km 28 karena memang lokasinya jika dibandingkan dengan jarak dari Pontianak, letak air terjun ini jauh lebih dekat dari Entikong yang merupakan perbatasan NKRI dengan Malaysia.



Sampai di areal tingkat pertama air terjun ini dinamakan Ngetak, para pengunjung akan dimanjakan dengan alam yang masih sangat asri dan sebuah air terjun menjulang tinggi dengan rimbunnya pepohonan yang mengelilingi riam tersebut akan membuat kita berdecak kagum. Selain itu, di sekitarnya terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu ditemui di air terjun lainnya.

"Untuk dapat menjelajah 6 riam lainnya, ada baiknya di tingkat pertama ini pengunjung bisa menginap atau berkemah di sini," ujar Sumar salah satu pengelola tempat wisata Riam Dait sembari menunjuk hamparan pasir putih di mana sensasinya serasa di pantai.

Enam Riam lainnya tersebut yakni tingkat ke-2 Malabat, tingkat ke-3 Sonoh, tingkat ke-4 Jato, tingkat ke-5: Mbiu, tingkat ke-6 Katupat dan tingkat ke-7 Remabo.

Sumar juga menjelaskan, untuk bisa sampai di tingkat berikutnya, pengunjung bisa mendaki tanjakan yang masih agak tertutup dan beberapa tebing pendek yang mengharuskan para pengunjung untuk memanjat.

Seorang pengunjung Riam Dait, Tuti (34) mengatakan, bersama kekuarga ia sudah beberapa kali mendatangi lokasi wisata ini namun setiap ada waktu libur bersama keluarga, Riam Dait tetap menjadi pilihan tempat wisata yang dikunjungi.

“Kami sudah beberapa kali ke sini, namun karena pemandangannya bagus, setiap ada kesepakatan kami pasti berlibur ke sini," katanya sembari bermain pasir putih di pantai riam tingkat pertama.

Ayu salah satu pengunjung lain juga mengaku air terjun tujuh tingkat tersebut sungguh menarik.

“Saya sangat mengagumi pemandangan di air terjun ini. Kali ini saya hanya mampu sampai tingkat kelima saja, itupun sudah kepayahan karena akses jalan di tiap tingkat masih belum bagus. Kalau akses jalan ke tiap tingkatnya sudah bagus pasti kita mudah mencapai sampai tingkat ke tujuh,” katanya.

Penulis : Nikodemus Niko
Editor : Tullahwi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini