|

Streaming Radio Suara Landak

Temanggong Binua Ohak Berusia 94 Tahun Tutup Usia

Menjalin (Suara Landak) - Mendiang Akan Umar salah seorang tokoh adat yaitu sebagai Temanggong Binua Ohak Desa Tempoak Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak yang dikabarkan tutup usia di umur 94 tahun pada hari Minggu 21 Oktober 2018 sekitar jam 13.25 WIB.

Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin, Brigadir Oktavianto yang sempat terkejut menerima kabar duka tersebut mengunjungi dan melayat kerumah duka di kediamannya di Dusun Cagat Desa Lamoanak Kecamatan Menjalin usai menghadiri undangan pembukaan turnamen sepak bola sumpah pemuda cup, Minggu sore (21/10/2018).

Temanggong Desa Tempoak yang dikenal berperan aktif dan selalu membantu dan bekerjasama dengan pihak Kepolisian Polsek Menjalin dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan yang ditangani secara musyawarah adat atau aturan hukum adat suku dayak yang berlaku di Desa tersebut.

Brigadir Oktavianto menuturkan kebiasaanya setiap bertemu dan berbincang dengan mendiang selalu menanyakan kisah atau peristiwa di saat penjajahan, karena pada masa penjajahan itu beliau menyaksikan dan merasakan langsung situasi saat itu.

"Mendiang merupakan tokoh masyarakat yang mengetahui banyak sejarah pembangunan Desa Tempoak dan kondisi Kecamatan Menjalin pada jaman dahulu, dimana pada era tahun 80an beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa, jadi kalo berbincang dan bertemu pasti selalu lama saat mendengar cerita atau kisah proses pembangunan Desa Tempoak yang dinilai sudah sangat baik dibandingkan jaman dahulu," terang Okta saat berbincang bersama pihak keluarga di rumah duka.

Salah seorang kerabat mediang Akan Umar menjelaskan Akan Umar tutup usia dikarenakan sakit, sekitar satu Minggu mengalami sakit yang agak parah sampai-sampai tidak dapat bergerak melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasanya.

"Apa lagi di usia yang sudah lanjut sehingga mudah mengalami sakit, mungkin sudah waktunya kita sebagai hamba tuhan hanya bisa tabah dan sabar menerima keadaan ini semoga mendiang bahagia di surga bersama Tuhan," jelasnya

Pemakaman jenazah yang rencananya akan dilaksanakan oleh pihak keluarga besok, pada hari Senin (22/10/2018) sambil menunggu kedatangan anak dan keluarga yang di luar kota dimana saat ini sedang dalam perjalanan menuju rumah duka.

Penulis : Oktavianto
Editor : Rizki Mahardika
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini