|

Streaming Radio Suara Landak

TNI-POLRI Mempawah Hulu Intens Lakukan Patroli Karhuta

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Ancaman karhutla semakin nyata, dikrenakan musim kemarau yang sedang melanda, dengan situasi yang terjadi Kapolsek dan Koramil pun tidak tinggal diam, Polsek Mempawah Hulu bersama Koramil 07 Karangan melaksanakan patroli bersama untuk memantau kegiatan warga yang memanfaatkan musim kemarau untuk berladang dengan cara membakar, Kamis (16/7).

Patroli bersama yang dilaksanakan ini difokuskan ke desa Tunang dan Tiang Tanjung dikarenakan beberapa hari terakhir melalui satelit LAPAN terdeteksi hotspot atau titik api di wilayah tersebut, personel yang melaksanakan patroli terdiri dari 6 personel Polsek dan 8 personel Koramil.

Dalam perjalanan ditemukan asap merah yang sedang mengepul, kemudian dilakukan penyisiran ke arah sumber asap dan ditemukan warga Dusun Riam Sangkar Desa Tunang sedang membakar lahannya untuk berkebun, kemudian pemilik lahan dimintai keterangan di tempat oleh Kapolsek.

Kapolsek Mempawah Hulu menerangkan bahwa benar telah didapati seorang warga atas nama Idrus telah membuka lahan dengan cara dibakar dengan luasan sekitar 0,3 hektar yang rencananya akan ditanami padi.

"Dalam pemeriksaan tersebut pemilik lahan yang membakar lahannya juga sudah membawa perlengkapan pemadam berupa penyemprot sebanyak 4 buah dan dibantu oleh keluarganya sebanyak 8 orang," terang Ipda Zulianto.

"Membakar hutan dan lahan merupakan kegiatan yang dilarang diharapkan agar masyarakat pada saat membuka lahan tidak dengan cara dibakar, karena pembakaran hutan dan lahan efeknya banyak merugikan perekonomian serta kesehatan, mari bersama menjaga kelestarian alam kita demi anak cucu mendatang," pesan Kapolsek.


Penulis  : Heru Tan
Editor : Rizki Mahardika
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini