|

Streaming Radio Suara Landak

Musim Kemarau, Masyarakat Landak Diminta Cegah Karhutla

IVAN ZULFISANI
Ngabang (Suara Landak) - Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak telah menjalankan program-program untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Plt. Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Landak Ivan Zulfisani  menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan secara tebang bakar.

"Kami juga sudah melakukan sosialisasi, membuat peta daerah karhutla,  mendorong pemerintah desa untuk bisa berperan lebih aktif jadi setiap masyarakat yang membuka lahan untuk berladang agar melapor kepada kades atau kapolsek terlebih dahulu agar mudah dipantau, "ungkap Ivan, Selasa (20/2).

Ia berharap peningkatan peran penyuluh pertanian. Selian itu juga berusaha untuk mengaktifkan kembali desa tangguh bencana terutama di daerah yang rawan karhutla.

"Kepada masyarakat di kabupaten Landak khususnya untuk tidak membuka lahan untuk berladang  ataubberkebun dengan cara dibakar, "tegasnya.

Pembakaran lahanakan berdampak  kabut asap yang dapat merugikan semua orang dan dapat menyebabkan penyakit ISPA yang berbahaya khususnya bagi anak-anak.

Penulis: Rizki Mahardika
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini