|

Streaming Radio Suara Landak

Warga Desa Bilayuk Gotong Royong Penampungan Jamban

Mempawah Hulu (Suara Landak)- Warga Desa Bilayuk Kecamatan Mempawah Hulu gotong royong membuat penampungan Jamban.
Biasanya gontong royong untuk mengerjakan pekerjaan kepentingan umum. Lain halnya di Desa Bilayuk warga gontong royong menggali penampungan jamban dari rumah ke rumah warganya.

Kepala Desa Bilayuk Anes mengatakan untuk kebersihan warga tidak salah untuk gontong royong menggali penampungan warga dari rumah kerumah.

"Sebenarnya jamban adalah urusan masing-masing rumah tangga tapi demi kebersihan lingkungan untuk peningkatan sanitasi warga kami mendukung kegiatan pembuatan jamban warga," ujar Anes

Biasanya dimusim pengerjaan fisik Dana Desa Kades mengukur proyek tapi hari ini Kades mengukur ukuran Penampungan Jamban warganya. Kades Bilayuk mengatakan pemimpin harus turun tangan untuk mewujutkan program STBM di Desanya.

"Kalau hanya sekedar rapat serimonial saja tidak akan terlaksana. Saya harus memimpin warga untuk mengerjakan hal yang mendidik walaupun tidak sepantasnya," ujar Anes

Kades yang menjabat 3 periode ini menerangkan bahwa warga aleatn atau gotong royong untuk menggali sedangkan materialnya masing-masing keluarga yang menyediakan.

"Warga aleatn untuk menggali dengan ukuran minimal 1.5 x 2 m tapi materialnya disediakan masing-masing keluarga," terang Anes

Dalam kelompok pembuatan penampungan ini juga turut hadir Temanggung Binua Bilayuk H. Untok.
Temanggong Binua Bilyuk mengatakan saya sangat sebang dan mendukung kegiatan ini karena mendidik budaya seterusnya.

"Bukan jamannya lagi buang air besar sembarangan. Malu dolihat orang. Makanya saya juga ambil bagian memberikan contoh kepada warga," ujar H. Untok

Kepala Puskesmas Karangan Marta Rahayu sangat apresiasi kerjasama warga mendukung kegiatan STBM demi Program Keluarga Sehat.

"Saya senang datang memonitoring kegiatan warga bersama team hari ini. Saya harap kebersamaan ini terus dibina untuk mendidik generasi hidup sehat," harap Marta.

Penulis: Iman Ceriawan Gulo
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini