|

Streaming Radio Suara Landak

Siapkan Wisudawan Berkualitas, Universitas Terbuka Pontianak Gelar Seminar Akademik

Universitas Terbuka Pontianak Gelar Seminar Akademik di Untan

Pontianak (Suara Landak) - Universitas Terbuka (UT) Pontianak menggelar acara Seminar Akademik bersama lulusan / wisudawan di Auditorium Untan Pontianak. Selasa (28/05/2024).

Direktur UT Pontianak, Yudi Efendi, S.s, M.A dalam sambutannya menjelaskan sedikit tentang tips belajar di Universitas Terbuka, yakni belajar secara terstruktur dan mandiri. Dia mengatakan bahwa belajar mandiri adalah kemampuan belajar dengan kemampuan inisiatif sendiri.

"Belajar mandiri itu bukan berarti belajar sendiri, melainkan kemampuan untuk melakukan inisiatif, salah satu contohnya yaitu belajar berkelompok ataupun berbagi modul bersama teman dan juga kemampuan mendapatkan informasi pelajaran di Internet," Kata Yudi Efendi.

Selanjutnya disela-sela istirahat siang, saat ditanyakan tentang sasaran kegiatan ini, dia menyebut bahwa seminar akademik diharapkan dapat menjadi pencerahan pagi wisudawan agar mampu menghadapi perubahan jaman nantinya.

"Wisudawan harus tahu apa yang akan dilakukan, dan dengan jaman sekarang yang serba online mereka harus transformasi, untuk itulah tokoh yang kami undang untuk mengisi acara seminar akademik ini bertujuan untuk berbagi pengalaman, agar nantinya wisudawan mampu memiliki gambaran apa yang harus di lakukan nantinya," Papar dia.

Tokoh yang mengisi kegiatan ini adalah seorang guru besar sekaligus salah satu pendiri Universitas Terbuka yaitu Profesor Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.S.c. yang ditemani Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka dan Asisten Manager Pusat Riset Inovasi.

Ketika ditanyakan tentang manfaat seminar akademik, Maximus G. Sembiring membagi dua manfaat yakni penghargaan bagi para wisudawan juga diharapkan Lembaga Universitas Terbuka Pontianak bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Kalbar.

"Seminar Akademik ini ingin memberi modal lanjutan kepada mahasiswa diluar pendidikan disaat kuliah, makanya tema kegiatan ini tidak spesifik kepada satu fakultas ataupun satu program studi, tapi lebih kepada banyak sudut pandang, sehingga kita harapkan teman-teman lulusan ini punya cakrawala yang lebih terbuka supaya bisa berkontribusi membangun Indonesia melalui Kalimantan Barat sebagai alumni UT di Pontianak," Paparnya.

Dilain pihak Fahriansyah selaku ketua panitia menjelaskan bahwa setelah kegiatan seminar akan diadakan acara persiapan atau glady resik dan keesokan harinya (29 /5/2024) dilakukan acara wisuda untuk 234 mahasiswa, diantaranya terdapat satu (1) wisudawan S2. (Richard)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini