|

Streaming Radio Suara Landak

Sekda Landak Pimpin Apel Hari Pendidikan Nasional 2023

Sekda Landak Pimpin Apel Hari Pendidikan Nasional 2023

Ngabang (Suara Landak) - Sekretaris Daerah Kabupaten Landak pimpin apel hari pendidikan nasional tahun 2023 dengan tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar", di halaman Kantor Bupati Landak, Senin (22/05/2023).

Apel yang digabung dengan hari kebangkitan nasional dan hari kesadaran nasional itu diikuti pimpinan OPD Landak, ASN, PTT di lingkungan Pemkab Landak dan para pelajar SD dan SMP.

Sekda Landak Vinsensius saat membacakan pidato Menteri Pendidikan mengatakan selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawanya semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

"Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," ungkapnya.

Vinsen menjelaskan bahwa anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

"Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka," jelas Sekda.

Lebih jauh dirinya memaparkan bahwa sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

"Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka," papar Vinsen.

Dari segi pendanaan lanjutnya, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

"Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi," lanjutnya.

Vinsen juga mengingatkan di Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.

"Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. Selamat Hari Pendidikan Nasional," tutupnya.

Dalam rangkaian apel hardiknas tahun 2023 juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para juara kegaiatan festival dan lomba seni siswa Kabupaten Landak oleh Sekda Landak.

Diskominfo Landak 

Rilis Dion RSL 


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini