|

Streaming Radio Suara Landak

Antisipasi Kebocoran Tabung Gas, Kopana Pertamina Beri Penyuluhan di Polsek Ngabang

Antisipasi Kebocoran Tabung Gas, Kopana Pertamina Beri Penyuluhan di Polsek Ngabang

Ngabang (Suara Landak) - Personel Polsek Ngabang mengikuti penyuluhan dari perwakilan Koperasi Pertamina (Kopana) untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran akibat dari kerusakan regulator tabung gas elpiji atau terjadi kebocoran pada selang gas, Senin, (09/01/2023).

Sosialisasi ini disampaikan Sdra Jujur abadi perwakilan Koperasi Pertamina (Kopana) dengan materi penyuluhan tentang pemasangan regulator yang benar pada tabung gas. Disini  pihak Kopana memberikan praktek langsung cara mengatasi bila ada kebakaran akibat dari selang tabung gas bocor.

Pada kesempatan tersebut ada dua jenis regulator yang dipraktekkan, yaitu regulator manual atau biasa yang sering digunakan pada masyarakat umumnya, kemudian regulator otomatis yang ada sekeringnya. “Produk ini resmi dari Pertamina,” jelas Jujur Abadi.

Jujur Abadi juga mempraktekkan bagaimana cara memasang dan mematikan kompor gas yang benar dengan regulator otomatis keluaran dari Pertamina, didalam regulator ini sudah ada sil karetnya, jadi lebih aman meski tanpa sil karet yang ada dalam tabung gas.

"Ada juga sekering sebagai pemutus aliran gas manakala kompor dimatikan hanya dari tombol yang ada pada kompor saja, tidak ada gas yang mengalir keselang dan kompor sewaktu kita mematikan kompor atau terjadi kebocoran pada selang,” ujar Bapak Jujur.

Sementara untuk antisipasi terjadinya kebocoran gas yang mengakibatkan api membesar dengan cara melepas regulator dari tabungnya, angkat tabung dan arahkan keluar, untuk menghindari terjadinya kebakaran. Pada akhir penyuluhannya, pihak Kopana menawarkan bahwa regulator otomatis ini sudah ada di pasaran dengan harga Rp 600 ribuan rupiah dan sangat aman di gunakan.

Plt Kapolsek Ngabang AKP Teguh Pambudi mengatakan sosialisasi ini sangat penting, sehingga jika terjadi sesuatu kebakaran atau kebocoran tabung gas kita cepat menangani nya.

"Dengan sosialisasi ini harapannya personel Polsek Ngabang dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dan edukasi dalam pemakaian selang atau regulator tabung gas sebagai langkah awal mencegah terjadinya kebakaran," tambah AKP Teguh Pambudi 

Humas Polsek Ngabang / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini