-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

5 Manfaat Futsal Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Sumber: https://unsplash.com/photos/qZWMMkvesc4

 

Suara Landak - Olahraga futsal adalah salah satu jenis permainan sepak bola yang diselenggarakan di dalam ruangan dengan tim lebih kecil. Satu tim hanya terdiri dari lima orang yang terbagi menjadi empat pemain dan seorang kiper. 

Walaupun tim lebih kecil dan dilakukan dalam ruangan, manfaat futsal untuk kesehatan mental dan fisik sangat banyak. Tidak heran jika olahraga ini pun menjadi tren, sangat mudah untuk menemukan lapangan futsal di area perkotaan. 

5 Manfaat Futsal Untuk Kesehatan Tubuh Dan Mental

Permainan yang diperkenalkan sejak tahun 1930 ini memiliki peraturan yang merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga. Pemainnya hanya lima orang dengan waktu 40 menit yang berasal dari permainan basket. 

Selama waktu tersebut pemain akan berlari, jogging, sampai dengan melompat yang merupakan aktivitas fisik. Tentu saja hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya untuk jantung. 

Pembakaran kalori yang lebih tinggi terjadi karena aktivitas fisik yang cukup intens sama seperti ketika olahraga kardio. Kesehatan jantung pun akan terjaga karena terhindar dari plak pada arteri sekaligus mengurangi tekanan darah tinggi. 

Bukan hanya untuk kesehatan jantung saja manfaat futsal diperoleh, namun masih ada lima manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru 

Selain jantung, olahraga futsal juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Futsal yang tidak jauh berbeda dengan latihan aerobik ini mampu memelihara kebugaran paru-paru. 

Setidaknya olahraga ini perlu dilakukan dengan teratur seperti tiga kali seminggu. Intensitas olahraga yang tinggi ini akan membuat paru-paru dapat menyimpan oksigen lebih banyak. 

Dampak jangka panjang yang akan dirasakan adalah tidak mudah terengah-engah ketika melakukan olahraga yang intensitasnya tinggi. Alasannya paru-paru telah bekerja baik tanpa perlu sering mengambil napas. 

Paru-paru akan bekerja lebih baik untuk menyimpan, mendistribusikan dan menggunakan oksigen ke dengan optimal. Anda yang sampai saat ini merasa kesulitan untuk bernafas saat berlari bisa mencoba rutin olahraga futsal. 

2. Membakar Lemak untuk Mencegah Obesitas

Berada di dalam ruangan, membuat futsal menjadi olahraga yang bisa dilakukan kapan saja. Manfaat futsal malam lebih banyak didapatkan oleh orang yang ingin diet karena olahraga dilakukan tanpa harus pagi dan sore hari. 

Futsal menjadi alternatif dari olahraga di gym ketika seseorang bosan olahraga sendiri dan ingin melakukannya secara tim. Selama 40 menit permainan berjalan Anda pasti akan mengeluarkan keringat lebih banyak. 

Keringat menjadi indikasi bahwa kalori serta lemak di tubuh terbakar dengan efektif. Bayangkan saja jika latihan ini dilakukan secara rutin, maka lemak dan kalori yang terbakar tidak jauh berbeda dengan latihan di gym. 

Bahkan bukan hanya lemak saja yang terbakar, namun tinggi badan juga akan meningkat. Futsal memaksa tulang untuk berperan aktif untuk bergerak sehingga tubuh bisa menjadi lebih tinggi dan tulang pun kuat. 

3. Meningkatkan Stamina Tubuh dengan Memperkuat Otot

Manfaat selanjutnya dengan rutin berlatih futsal adalah meningkatkan kekuatan tubuh. Stamina tubuh yang lebih tinggi membuat Anda tidak mudah jatuh sakit. Bagian tubuh yang akan dilatih adalah otot seperti otot kaki, perut, paha, dan juga dada. Otot adalah organ penggerak tubuh yang membutuhkan energi dari oksigen serta bahan makanan. 

Ketika otot terlatih maka massa otot pun meningkat yang artinya lebih banyak pembuluh darah terbentuk. Contohnya saja pembuluh darah kapiler, yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi otot dalam menghasilkan energi. 

Dibutuhkan jadwal futsal yang tepat agar massa otot dapat terbentuk dengan baik, jika tidak justru efeknya akan menyerang balik. Dampak negatif bermain futsal akan muncul ketika Anda melakukan forsir latihan.

Misalnya munculnya radikal bebas yang berasal dari senyawa malondialdehid. Dampak ini mengakibatkan oksigen tidak tereduksi sehingga membuat orang mengalami kekurangan oksigen. 

4. Pembentukan Karakter dan Lebih Percaya Diri 

Tujuan dan manfaat futsal tidak sebatas fisik saja tetapi juga mental. Pemain futsal bisa menghilangkan rasa stress sekaligus mendukung pembentukan karakter. Para pemain dituntut untuk bisa mengambil umpan pendek dari kaki ke kaki. 

Perlu kecepatan dan tempo tinggi agar bisa berhasil. Hal ini membuat pemain harus ahli dalam berpikir cepat agar tepat dalam mengambil keputusan. Hanya pemain yang memiliki karakter disiplin dan percaya diri dapat melakukannya. 

5. Meningkatkan Kreativitas dengan Kerja Sama Tim 

Futsal menjadi olahraga seru yang dimainkan bersama dengan tim. Tidak heran bukan mahasiswa saja yang gemar dengan olahraga ini. Beberapa perusahaan bahkan mengadakan olahraga futsal bagi karyawan sampai ke ranah perlombaan. 

Pasalnya futsal bisa melepaskan penat sekaligus melatih otak agar bisa berpikir secara kreatif. Bagaimana tidak, kerja sama tim dibutuhkan untuk bisa memenangkan permainan. 

Mental kerja sama tim akan terlihat dan bisa dilatih selama olahraga ini rutin dilakukan. Komunikasi antar pemain pada saat sebelum dan saat di lapangan akan diuji. Tim dengan komunikasi baik akan lebih mudah menciptakan strategi melawan tim lain. 

Semua manfaat dari olahraga futsal ini akan dirasakan jika rutin dilakukan. Supaya Anda bisa mengikuti semua jadwal permainan dengan baik dan nyaman perlu menggunakan sepatu futsal yang berkualitas. 

Anda bisa menemukan sepatu khusus futsal di Blibli yang tersedia dalam berbagai merk, ukuran sampai dengan warna. Demi memudahkan pencarian sepatu yang sesuai dengan budget Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian berdasarkan diskon. 

Blibli menyiapkan fitur pencarian dari diskon 10% sampai dengan 75%. Cukup dengan memilih dan membeli sepatu di Blibli Anda bisa langsung mengenakannya setelah barang tiba. 

Sepatu sangat krusial agar bisa mampu mendapatkan semua manfaat futsal ini. Tak hanya itu saja, sepatu juga akan membuat Anda tampil lebih bergaya di lapangan. 


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini