|

Streaming Radio Suara Landak

Tim Gabungan Datangi Lokasi Peti di Mempawah Hulu

Tim gabungan mendatangi lokasi Peti di Kecamatan Mempawah Hulu.

Mempawah Hulu
(Suara Landak) - Polsek Mempawah Hulu bersama Koramil 07 Karangan melakukan pengecekan tempat aktivitas Pertambangan Tanpa Ijin (Peti) di beberapa lokasi di Kecamatan Mempawah Hulu, Kamis (22/10/2020).

Tim yang dipimpin oleh Danramil 07 Karangan Kapten Inf Ceng Diding dan Kapolsek Mempawah Hulu Iptu Asep Daroni melakukan patroli dengan menyusuri perkampungan dan aliran Sungai Mempawah berdasarkan laporan masyarakat terkait aliran air sungai yang menjadi keruh.

Dalam melakukan patroli, tim menemukan 2 set peralatan aktivitas Peti yaitu mesin pengantar, mesin sedot, pom sedot, drum, pipa spiral, terpal dan peralatan pendukung aktivitas Peti lainnya.

Namun, pemilik dan pekerja Peti tidak berada di lokasi. Dalam kegiatan tersebut tidak ada barang bukti yang dirusak dan diamankan oleh tim gabungan.

Kapolsek Mempawah Hulu Iptu Asep Tabroni membenarkan hal tersebut. Tim gabungan telah menemukan aktivitas pertambangan mmas ilegal yang berada di Dusun Siba Desa Bilayuk Kecamatan Mempawah Hulu. 

"Kegiatan patroli gabungan ini merupakan tindakan prepemtif untuk mencegah dan menghimbau warga terkait aktivitas Peti. Kita sudah mengantongi nama pemodal dan pemilik tanah, dalam waktu dekat kita akan memanggil pemilik dompeng dan pemilik tanah dilokasi tersebut dan akan dibuatkan surat pernyataan untuk tidak lagi melakukan aktivitas Peti," ucap Kapolsek Mempawah Hulu.

Kapolsek menghimbau kepada seluruh pelaku pertambangan emas ilegal yang berada di wilayah hukum Polsek Mempawah Hulu agar secepatnya menghentikan aktivitasnya.

"Namun kalau hal tersebut masih dilakukan, kami tidak segan segan untuk menegakkan hukum sesuai undang -undang yang berlaku," tegas Iptu Asep.

Iptu Asep menegaskan kedepannya akan dilakukan penertiban secara rutin, minimal satu bulan sekali dan akan melibatkan perangkat desa dan kecamatan. 

"Kepada seluruh Elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam pemberantasan Kegiatan Pertambangan emas illegal ini. Mari kita bersama sama melawan kejahatan lingkungan hidup demi kelestarian ekosistem," tutup Kapolsek Mempawah Hulu. (Dens/Fik)


Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini