|

Peringatan 1 Muharram 1442 H, Karolin Ajak Umat Beragama Jaga Keharmonisan

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.
Ngabang (Suara Landak) - Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharam tahun baru bagi Kalender Hijriah. Namun, Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah dicatat sebagai awal perhitungan bagi Kalender Hijriah.

Dalam peringatan Tahun Baru Islam ini Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan tahun baru Agama Islam 1442 H sebagai momentum untuk terus menjaga keharmonisan antar agama serta selalu menjaga toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Karolin tidak lupa mengucapkan selamat tahun baru Islam kepada seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat dan seluruh dunia.

"Saya mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, semoga di tahun baru Islam ini Kita dapat menjadikan momentum untuk terus menjaga harmonisasi agama disemua lini lapisan masyarakat," ungkap Karolin, Kamis (20/8/2020).

Karolin menyebutkan tahun baru Islam yang diperingati setiap tanggal 1 Muharram tentu terasa spesial bagi para umat Islam di seluruh dunia. Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar ini pun berharap silaturahmi dan persaudaraan antar sesama muslim dan antar umat beragama dapat semakin kuat dan terjaga.

"Momentum tahun baru Islam 1442 Hijriah ini juga Saya harapkan untuk kita lebih mawas diri dan introspeksi atas segala tindakan serta perbuatan yang dilakukan selama ini, agar kita dapat terus menjaga keberagaman dan saling menghargai antar sesama umat bergama dan suku bangsa," lanjutnya.

Kalender Hijriah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah S.A.W. Kalender ini hanya dimulai pada zaman Khalifah Ar-Rasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq R.A. Ada beberapa saran dari para sahabat untuk penetapan tanggal bagi Madinah ketika itu, ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad saw., ada yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul tetapi pandangan yang menyarankan awal tanggal Islam pada tanggal hijrah Nabi SAW.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke merata dunia. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini