|

Kevin Costner Bicara Ketidakadilan Rasial: Ini Momentum untuk Perubahan

Kevin Costner

Suara Landak - Saat ditemui Associated Press di kediamannya di Los Angeles baru-baru ini, Kevin Costner mengatakan mereka yang tidak mengerti bahwa minoritas kulit berwarna diperlakukan secara berbeda oleh para penegak hukum, adalah orang-orang yang berpandangan kolot bagaikan dinosaurus.

Menurutnya jangan sampai warga Amerika melewatkan kesempatan untuk membuat perubahan yang akan berlaku selamanya.

Kevin mengatakan bahwa warga Amerika keturunan Afrika, Hispanik, dan Indian, memiliki hubungan yang sangat berbeda dengan pihak penegak hukum dibanding warga kulit putih. Menurutnya, ini tidak terlalu mengejutkan, karena hal seperti ini telah lama ada.

Selama ini, menurut Kevin, "kita tidak pernah berhasil untuk membela saudara-saudara kita, dan sebenarnya itu yang perlu kita lakukan, membela saudara-saudara kita."

Aktor berusia 65 tahun ini berkomentar demikian saat ditanyakan pendapatnya seputar kematian George Floyd di tangan pihak kepolisian Kota Minneapolis. George Floyd yang berkulit hitam meninggal ketika seorang polisi berkulit putih menekan lehernya menggunakan lutut selama hampir delapan menit walaupun ia sudah diborgol dan kemudian menjadi tidak responsif.

Kematian George Floyd memicu sederet aksi unjuk rasa di seluruh dunia, sekaligus kembali mengarahkan perhatian atas perlakuan pihak kepolisian dan sistem peradilan pidana Amerika terhadap warga kulit hitam.

Kevin Costner Bicara Ketidakadilan Rasial: Ini Momentum untuk Perubahan

Kevin mengatakan bahwa secara metaforis dan secara fisik, kita harus berdiri di depan mereka yang dianiaya, tanpa harus membayangkan bagaimana rasanya menjadi mereka karena sebenarnya kita sudah tahu. Sebenarnya itulah yang selama ini selalu ingin mereka ceritakan. Kita lah yang harus menjadi pahlawan bagi mereka mulai dari sekarang dan seterusnya.

“Kita harus memperhatikan kembali penegakan hukum dan harus mengerti bahwa kita bisa memiliki pertimbangan yang lebih baik. Kita bisa memiliki tingkat keadilan yang sama,” ujar aktor sekaligus sutradara pemenang piala Oscar itu

Menurut Kevin, hal itu hanya masalah kesediaan dari setiap individu.

“Apakah kita bersedia untuk melakukannya?,” tanya Kevin sambil menambahkan sampai saat ini memang sulit untuk melepaskan pola pemikiran seperti itu. Kevin tidak tahu apakah hal ini akan terjadi dalam waktu dekat, namun yang pasti harus dilakukan.

Kevin Costner mengatakan bahwa hal seperti itu telah berlangsung selama 400 tahun, dan selalu sama, tingkat keburukan yang sama, tingkat ketidak-adilan yang sama, dan menurutnya apabila kini sebagian orang mulai menyadari kebenaran, itu merupakan hal yang bagus.

Dan bagi mereka yang tidak mengakui adanya masalah tersebut dan perlunya perubahan, menurut Kevin, mereka adalah orang-orang dengan pemahaman kolot bagaikan dinosaurus.

Jadi menurut Kevin penting sekali bagi kita untuk tetap waspada setiap hari dan tidak ada ruang untuk kebencian. Kalaupun ada, itu bukan merupakan hal yang bisa dipertahankan, dan harus dihentikan. [aa/ab]

Sumber (VOA)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini