|

Cornelis Anjurkan Pemerintah Miliki Penangkaran Benih Padi Hingga ke Desa

Cornelis melakukan Kunjungan Kerja Perseorangan dalam rangka Reses di Kelompok Tani Coba Maju

Sengah Temila
(Suara Landak) - Untuk mendukung program Presiden RI dan Menteri Pertanian RI, Anggota Komisi II yang juga Banggar DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Cornelis melaksanakan Kunjungan Kerja Perseorangan dalam rangka Reses di Kelompok Tani Coba Maju pada kegiatan tanam sumber benih padi varietas Mekongga di dusun Bebehan, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Sabtu (25/7/2020).

Hadir juga dalam tanam sumber benih padi varietas Mekongga ini, Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Landak Kristian Oktavianus, Sekretaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Pengawas Benih Kabupaten Landak dan Seluruh anggota Kelompok Tani Coba Maju.

Anggota Komisi II DPR RI  Cornelis mengatakan bahwa dalam rangka reses ini, wajib bagi partai untuk memotivasi petani supaya mau menanam tanaman pangan, karena akibat wabah Corona Virus Disease (COVID-19) ini berpengaruh terhadap ketahanan pangan.

"Oleh karena itu kita coba memotivasi petani agar memanfaatkan lahannya untuk menanam tanaman pangan seperti padi, jagung, ubi atau pun tanaman pangan lainya, supaya kita bisa mengantisipasi hal tersebut jangan sampai terjadi krisis pangan," ujar Cornelis.

Anggota Komisi II DPR RI mengkatakan pada reses ini akan selalu mencoba menemui kelompok tani agar mereka bersedia memanfaatkan lahannya untuk menanam tanaman pangan demi menjaga ketahanan pangan, minimal untuk ketahanan pangan keluarga.

"Tetapi pada musim tanam gadu ini saya mengajak petani menanam padi sumber benih untuk bisa ditanam kembali pada musi tanam selanjutnya," katanya.

Ia berharap agar setiap kabupaten, kecamatan bahkan desa harus ada penangkaran benih di wilayahnya masing-masing. Sehingga benih padi yang akan ditanam pada musim selanjutnya tidak perlu mendatangkan benih padi varietas unggul dari luar.

"Dikarenakan kita bisa membuat atau menanam padi sumber benih sendiri dan dilakukan sertifikasi benih melalui Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Benih Kalimantan Barat, dangan kita memproduksi sumber benih bersertifikat, kita tidak lagi mendatangkan sumber benih dari luar lagi," harap Cornelis.

Cornelis menganjurkan pemerintah daerah melalui Balai Benih atau pun intansi terkait untuk membuat demplot atau mengajarkan kepada petani untuk menjadi penangkar benih.

"Sehingga kebutuhan benih di kabupaten Landak bisa terpenuhi, mari kita bertani menanam tanaman pangan," tegas Cornelis.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Coba Maju, L Abas menggatakan sesuai  yang telah disampaikan oleh Anggota komisi II DPR RI secara langsung, bahwa anjuran Presiden RI untuk menggalakan ketahanan pangan menghadapi krisis pangan karena dampak COVID-19 dan ancaman resesi ekonomi, maka petani di Desa Sidas menyambut baik arahan serta ajakan tersebut dengan cara bersama-sama menanam tanaman pangan seperti padi.

"Besar harapan kami agar masyarakat petani didaerah Kabupaten Landak khususnya desa sidas ini dan Umumnya masyarakat di Indonesia menyukseskan Program pemerintah, saya secara pribadi dan kelompok tani coba maju mengucapkan terima kasih kepada Drs. Cornelis, MH atas perhatianya kepada para petani," ujar Abas. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini