|

Ayam Gagape, Kuliner yang Biasanya Disajikan saat Lebaran di Makassar

Ayam Gagape, hidangan lebaran khas Makassar. (Instagram/@tetangga_ceriwis)

Jakarta (Suara Landak) - Lebaran sebentar lagi, tak hanya kue rupanya sejumlah daerah di Indonesia memiliki sajian kuliner khas yang dihidangkan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Salah satunya yakni ayam gagape dariMakassar. Usut punya usut, sekilas ayam gagape ini penampilannya mirip seperti opor ayam. Tapi rupanya dari segi rasa dan penyajian, ayam gagape ini memiliki ciri khas unik.

Sama-sama diolah dengan campuran santan, ternyata ayam gagape ini khusus dibuat menggunakan bahan baku berupa ayam jantan.

Untuk bumbunya, ayam agape juga menggunakan rempah opor seperti lengkuas, ketumbar bubuk, jintan hingga kunyit.

Selain itu sebagai sentuhan akhir sebelum disajikan, ayam agape akan ditaburi dengan parutan kelapa yang sudah disangrai.

Rasa kelapa parut sangrai inilah yang membuat cita rasa ayam agape gurih dan nikmat luar biasa.

Bukan disantap dengan ketupat atau nasi putih, ayam agape umumnya dimakan menggunakan umbi-umbian seperti singkong rebus hingga ubi jalar.

Namun, memang tak jarang beberapa masyarakat Makassar kini juga suka menyantap ayam agape ini dengan ketupat atau nasi putih ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Istimewanya lagi, kuliner khas Makassar ini hanya dapat ditemukan saat Hari Raya Idul Fitri alias lebaran saja, lho. Jadi bagaimana travelers? Tertarik untuk merayakan Lebaran dengan masakan ayam agape khas Makassar ini?

Sumber (Suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini