|

24 ODP di Landak, Pemkab Terus Lakukan Upaya Cegah Penularan Covid-19

Bupati Landak saat mengunjungi Posko Covid-19
Ngabang (Suara Landak) - Mencegah penularan virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Landak telah melakukan berbagai upaya mulai dari meliburkan pelajar dan ASN, penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, pendirian posko percepatan penanganan Covid-19, hingga imbauan-imbauan positif untuk masyarakat.

Saat ini di Kabupaten Landak belum ditemukan pasien positif Corona (Covid-19), namun terdapat 24 orang dalam pemantauan (ODP).

"Yang positif belum ada, sampai saat ini mudah-mudahan di kabupaten Landak tidak ada kasus positif corona, untuk pendataan dari puskesmas setiap jam kita buka perkembangannya, dari puskesmas kita online langsung. Kita ODP secara akumulatif ada 84 tapi itu dari awal, sekarang kita tinggal 24 ODP saja," pungkas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Subanri, Kamis (26/3/2020)

Subanri menyampaikan saat ini pihaknya selalu mengikuti protokoler yang telah ditetapkan dari kementerian kesehatan dalam menagani virus corona (Covid-19).

"Kita mengikuti protokoler dari Kementerian kesehatan, kemudian himbauan juga dari Bupati Landak dan himbauan medsos-medsos yang sifatnya positif, itu yang kita ikuti," kata Subanri saat ditemui di Posko Covid-19.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Landak melalui tim gabungan telah melakukan penyemprotan disinfektan pada pasilitas umum di sekitar kota Ngabang demi mencegah peyebaran virus Corona.

Disampaikan Subanri bahwa dalam waktu dekat akan ada penyemprotan disinfektan secara massal diwilayah kabupaten Landak.

"Kita buat surat edaran bupati sampai tingkat RT, kemungkinan nanti pelaksanaannya secara massal, jam dan harinya mungkin ditentukan bersama-sama. Jadi, kita melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini secara massal di kabupaten Landak," kata Subanri.

Subanri mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membuat cairan disinfektan sendiri menggunakan peralatan dan media yang ada agar masyarakat dapat melakukan penyemprotan secara mandiri.

"Dinkes beserta OPD lain di gugus tugas sudah bersama-sama melakukan penyemprotan ditempat-tempat umum. Nanti masyarakat diharapkan dapat melakukan penyemprotan mandiri dirumahnya masing-masing. Kami minta Kepala Desa sampai RT-nya memantau kegiatan ini, karena penyemprotan ini sederhana sebenarnya alat dan cairannya, jadi bisa dilakukan berkali-kali tanpa ada instruksi. Jadi nanti ada edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membuat cairan penyemprotan ini," ujar Subanri.

Ditempat terpisah Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan sangat mengapresiasi tim satuan tugas Covid-19 dengan masyarakat Kabupaten Landak yang terus bersama-sama berupaya menurunkan perkembangan virus Corona.

"Kita bersyukur saat ini Kabupaten Landak belum ada yang positif Covid-19, hal berkat kerjasama kita semua dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Landak. Tetapi Saya meminta kepada tim satgas Covid-19 serta pihak RSUD Landak dan Puskesmas terus mendata dan memonitor ODP," terang Karolin di Pendopo Bupati Landak, Kamis (26/3/2020).

Lebih lanjut Bupati Landak tidak hentinya mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dan melakukan social distancing dan physical distancing demi mencegah penyebaran virus corona.

"Kita menghimbau masyarakat, mulai dari camat, Kepala Desa dan RT menginstruksikan warganya supaya bisa menjaga pola hidup sehat dan bersih. Dan tolong terapkan terus social distancing dan pysical distancingnya, yaitu jaga jarak satu meter serta tidak melakukan perkumpulan massa," ucap Karolin. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini