|

Jelang Imlek, Kelenteng Ban Fuk Ban Ngabang Berbenah

Persiapan sambut Imlek di Kelenteng Ban Fuk Ban Ngabang - Fik
Ngabang (Suara Landak) - Menjelang Tahun Baru Imlek 2517  segenap pengurus Kelenteng Ban Fuk Ban Ngabang melakukan persiapan.

"Sebelum kita menyambut perayaan imlek tahun ini, nanti kita akan adakan kegiatan bersih-bersih setiap kelenteng yang ada di sekitar Ngabang,"ujar Ahua pada Senin (20/1/2020).

Ahua selaku Kepala Harian Kelenteng menambahkan kegiatan bersih-bersih tersebut sebagai persiapan sembahyang. Kegiatan sembahyang ini rencananya akan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB pada 24 Januari 2020.

Menurut kepercayaan warga Tionghoa, bersih-bersih rumah dan kelenteng dilakukan sebelum tahun baru karena pada hari pertama dan kedua itu dilarang. Pada hari ketiga perayaan baru diperbolehkan untuk bersih-bersih agar terhindar dari kesialan.

"Pada malam sebelum tahun baru selain sembahyang, akan ada acara pertunjukan kembang api juga", kata Ahua.

Pihak kelenteng juga berkerja sama denagan Yayasan Hati Suci Ngabang, Yayasan Hati Murni Ngabang dan MABT untuk memasang lampion di pasar Ngabang untuk menambah kemeriahan tahun baru.

Pada perayaan imlek tanggal 25 Januari 2020 mendatang, pihak kelenteng Ban Fuk Ban Ngabang nantinya akan mempersiapkan dua barongsai untuk memeriahkan tahun baru Imlek tahun ini.

"Kemungkinan nanti pada waktu perayaan Imlek akan kedatangan tamu dari Pontianak, Sungai Duri, Bengkayang dan Singakawang. Seperti biasa mereka juga akan membawa barongsai, untuk mengunjungi rumah-rumah warga Tionghoa yang ada di Ngabang,"katanya. (Ifik)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini