|

Gerakan Pramuka Bantu Pembentukan Karakter Pancasila para Milenial

Pramuka
Ngabang (Suara Landak)- Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang diwakili Sekda Landak Vinsensius, membuka Perkemahan Pramuka Penegak Pandega Se Kabupaten Landak Pangeran Cinata Dayang Ser'ia CAMP 2020, dengan tema Membangun Generasi milenial yang kreatif, inovatif dan berkarakter, di stadion Patih Gumantar Ngabang, Jum'at (10/01/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Gugus Depan Abdul Kahar Pangkalan SMA Negeri 1 Ngabang dan dihadiri oleh Forkopimda Landak, Camat Ngabang, Kadis Porapar dan Dewan Pengurus Pramuka Kabupaten Landak.

Dalam sambutan Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa yang di sampaikan oleh Sekda Landak Vinsensius,  bahwa dalam melaksanakan tugas pokok serta mencapai tujuan, gerakan pramuka penyelengaraan dalam bentuk kegiatan rekreatif edukatif yang sehat, menarik, terarah, terencana di alam terbuka dengan prinsip dasar ke pramukaan dan metode ke pramukaan.

"Sasaran Pramuka adalah mempersiapkan kader bangsa yang memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa pancasila, disiplin, sehat mental moral dan fisiknya, berjiwa patriot, berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggung jawab, peduli dan komitmen terhadap kode kehormatan pramuka," Ujar Vinsensius saat menyampaikan sambutan Bupati Landak.

Lebih lanjut Vinsensius menyampaikan bahwa Gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal oleh karena itu organisasi gerakan pramuka kita belajar berbagai keterampilan, belajar berkumunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas membangun keberanian serta belajar menjadi seorang pemimpin, semua ini menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggung jawab, disiplin dan terampil.

"Pendidikan pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan untuk kaum muda yang di tuntut untuk dapat berkotribusi secara nyata dan membentuk kaum muda yang berkarakter, handal dalam menghadapi berbagai situasi yang ada, oleh karena itu gerakan pramuka masih dan akan relevan dengan perkembangan zaman," Jelas Vinsensius saat menyampaikan sambutan Bupati Landak.

Pada kesempatan ini Sekda Landak juga mengatakan kegiatan ini mengarah pada kegiatan praktik, sehingga pengetahuan dan keterampilan peserta yang di peroleh selama mengikuti proses pendidikan di gugus depan benar-benar diterapkan, disamping mendapatkan tambahan wawasan dan pengalaman.

"Manfaatkanlah seluruh Rangkaian kegiatan ini sebagai pengalaman yang berharga dalam mengansah kearifan sosial serta meningkatkan daya resvonsif dalam menyikapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks ini," tutup Vinsensius. (MC)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini