|

Personel Polsek Ngabang Jadi Penyuluh Pertanian

Petugas saat berikan penyuluhan dan praktek bersama poktan Bina Mitra Sengkunang

Ngabang - (Suara Landak) - Kala menyambangi Warga Desa Binaannya, Bhabinkamtibmas tidak saja menyampaikan pesan–pesan kamtibmas namun Bhabin juga berbagi pengalaman bagaimana bercocok tanam yang baik.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Ngabang Polres Landak Brigpol Viktorius Pridoni, kala menyambangi warga yang tergabung dalam Kelompok Tani “Bina Mitra Sengkunang” di Dusun Tebuan Desa Mandor Kiru Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, Selasa (22 / 10 /2019).

Apa yang dilakukan Brigpol Viktorius Pridoni ini, selain demi masyarakat juga sebagai kerja nyata Bhabinkamtibmas dalam mendukung program Pemerintah dalam menciptakan Ketahanan Pangan di Indonesia.

Dikatakannya bahwa beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam bercocok tanam yang baik yakni dimulai dari persiapan lahan, pemilihan bibit sesuai musim, penggunaan bibit unggul agar kebal terhadap penyakit serta pemupukan yang tepat dan seimbang.

"Ketika tanaman mulai tumbuh harus dilakukan perawatan dengan membersihkan rumput liar yang ada disekitar tanaman," jelas Viktor.

Di depan para petani, Bhabinkamtibmas satu kerap menekankan kepada para petani dalam hal persiapan atau membersihkan lahan pertanian tidak dengan dibakar.

"Jangan biasakan membersihkan lahan dengan membakar sebaiknya rumput atau dedaunan itu dikumpulkan kemudian dikubur. Selain menjadi pupuk, tanah akan memiliki kelembaban dari pembusukan sampah tadi," imbau Viktorius.

"Untuk cara tanam kita menggunakan metode jajar legowo yang mana teknik tersebut secara umum telah terbukti memberikan hasil panen yang bagus dan lebih banyak,“ tambahnya.

Di tempat Mapolsek Ngabang, Kompol B. Sembiring S.H, M.H, mendukung langkah - langkah inovatif yang dilakukan para Bhabinkamtibmas dalam menjalin kedekatan dan membangun masyarakat.

"Moment sambang, gotong royong, acara pertemuan, ibadah atau acara keagamaan, pesta pernikahan dan lain lain merupakan sarana Bhabinkamtibmas dalam melakukan pendekatan sekaligus sarana menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada masyarakat," ujar B. Sembiring.

Penulis : Bob Rian’s
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini