|

Streaming Radio Suara Landak

Demonstrasikan Pompa Air Tenaga Motor Karya Personel Polsek Menjalin dan Mempawah Hulu

suasana uji coba si Modam

Ngabang (Suara Landak) - Gelar pasukan ops pol kewilayahan Bina Karuna Kapuas 2019 dalam rangka mengecek kesiapan pihak TNI-Polri dan pihak instansi pemerintah, perusahaan serta organisasi atau kelompok pemadam kebakaran yang ada di wilayah kabupaten landak.

Serta mendemonstrasikan 3  alat pompa air tenaga motor terobosan inovasi kreatif anggota bhabinkamtibmas polsek Menjalin dan polsek Mempawah Hulu jajaran Polres Landak, Rabu (24/07/2019).

Dalam gelar pasukan tersebut seluruh pihak terkait yang diundang menghadirkan petugas pleton pemadam kebakaran dan membawa peralatan pemadam kebakaran masing-masing, hal ini sebagai bentuk bentuk kesiapan polres landak dalam bersinergitas dengan pihak terkait yang ada di Kabupaten Landak untuk melaksanakan ops pol kewilayahan Bina Karuna Kapuas 2019 dalam menangani karhutla di wilayah Kabupaten Landak. 

Kapolres Landak, Akbp Bowo Gede Imantio,S.IK, M.H usai memimpin apel gelar pasukan tersebut memperkenalkan alat pemadam kebakaran terobosan inovasi kreatif  anggota bhabinkamtibmas jajaran polres landak yaitu 3 unit pompa air tenaga motor dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir.

Hal tersebut mendapatkan apresiasi dan respon positif oleh banyak pihak yang ingin meniru serta memiliki alat pompa air tenaga motor tersebut.

"Terobosan inovasi kreatif alat pompa air tenaga motor ini dibuat oleh personilnya berdasarkan evaluasi kendala dan hambatan di lapangan dalam beberapa kali menangani karhutla, dimana kita ketahui bersama situasi geografis yang ada di kabupaten landak yang memiliki perbukitan dan jurang atau tebing yang cukup banyak dengan karakteristik tanah yang kering serta minimnya akses jalan yang dapat dilalui kendaraan roda 4 dan roda 2 untuk bisa sampai ke titik api atau hot spot," terang Bowo.

Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi juga menuturkan dengan dibuatnya alat pompa air tenaga motor yang dirancang oleh anggota bhabinkamtibmas polsek Menjalin ini diharapkan petugas dapat lebih praktis dan cepat sehingga mendapatkan hasil yang efektif dan optimal dalam menangani karhutla.

"Dimana bahan dan proses pembuatan alat pompa air tenaga motor ini menggunakan barang bekas yaitu dinamo radiator mobil atau truk yang dimodifikasi sehingga dapat menghasilkan tekanan dorongan air yang kuat kemudian selang penghantar air yang mudah di dapat di toko bangunan serta memanfaatkan sarana prasarana motor dinas sebagai motor penggerak," tuturnya saat melakukan demonstrasi Si Modam.

Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi juga menambahkan pembuatan alat pompa air tenaga motor tersebut pihak polsek Menjalin bekerjasama dengan melibatkan 2 orang tenaga ahli dari tim kelakar kecamatan Menjalin (kelompok relawan pemadam kebakaran) yang dinilai sangat membantu.

"Serta dalam pembuatan alat tersebut dan kami selaku pihak polsek menjalin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat dalam mencegah serta menangani karhutla di wilkum kecamatan menjalin," pungkasnya.

Penulis : Oktavianto
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini