|

Streaming Radio Suara Landak

Desa Caokng Laksanakan Adat Balala



Mempawah Hulu (Suara Landak) - Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu kabupaten Landak menggelar acara adat balala, adat ini digelar 5 tahun sekali, Rabu (26/06/2019).

Hadir dalam acara tersebut Kepala desa Caokng,Bhabinkamtibmas Polsek Mempawah Hulu, pengurus Adat desa Caokng, dan masyarakat desa Caokng.

Secara khusus upacara tersebut sebenarnya menjadi media mempersatukan warga Adat di Desa Caokng karena dalam melaksanakanya dihimpun pembiayaan secara mandiri oleh Warga.

Kemudian setelah upacara adat, seluruh warga wajib melaksanakan Balala atau berpantang selama 1 hari penuh tidak boleh masuk kampung, hal tersebut menurut tokoh adat atau panyangahatn sebagai pengantar acara balala.

Lebih lanjut bahwa tidak hanya lalu lalang warga yang dihentikan tetapi lebih jauh lagi hal-hal yang tidak baik juga harus dihentikan selama 1 hari misalnya meminum arak, main judi dan hal negatif lainya.

Menurut kepala desa Caokng Anus rencananya kegiatan ini akan rutin dilakukan 5 tahun sekali.

"Kemudian di tempat ritual adat akan dibangun Dangau adat untuk melengkapi fasilitas adat di Desa Caokng," ungkapnya.

Bripka Napoleon disela sela acara menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melestarikan adat budaya serta selalu menjaga kamtibmas yang ada di kecamatan Mempawah Hulu khususnya Desa Caokng.


Penulis : Riswantoro
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini