-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Wakapolda Kalbar Hadiri Acara Naik Dango ke 34 di Ngabang

wakapolda kalbar saat menghadiri pembukaan naik dango ke 34


Ngabang (Suara Landak) - Perayaan naik dango, ritual setahun sekali yang dilaksanakan oleh suku Dayak Kanayatn berlangsung meriah di Radakng Aya’ Landak, Ngabang, Kabupaten Landak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol. Dra. Sri Handayani, M.H. sebagai tamu undangan dengan didampingi oleh Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio, S.I.K., M.H.

Wakapolda Kalbar menyampaikan rasa kagumnya dan apresiasi yang luar biasa ketika melihat antusiasme masyarakat yang hadir.

“Naik dango, kini digelar tidak hanya untuk merayakan keberhasilan bercocok tanam semata, namun berkat kemajuan wilayah di mana masyarakat suku Dayak berdiam, baik dari segi infrastuktur, ekonomi dan pendidikan, ada perluasan makna perayaan dalam konteks sosial dan budaya karena kini naik dango identik dengan perayaan tahunan masyarakat Dayak se – Kalbar dari yang sebelumnya hanya untuk suku Dayak Kanayatn di Kabupaten Landak, Mempawah, Bengkayang dan Kubu Raya,” ucapnya.

Menurut Brigjen Pol. Sri Handayani, Naik Dango merupakan tradisi yang harus tetap dipertahankan. Nilai – nilai persaudaraan, toleransi dan kulturasi budaya sangat besar pada kegiatan naik dango ini. Selain itu, menurutnya kegiatan ini dapat pula menjadi ajang untuk berkompetisi serta mengembangkan Budaya dan Kearifan Lokal khususnya budaya Dayak agar semakin berani memperkenalkan adat istiadatnya pada dunia.

“Kami dari Kepolisian menyambut baik perayaan naik dango ke – 34 ini, karena selain dapat menjadi ajang bertemu dan silaturahmi berbagai Sub-suku Dayak di kalbar, juga bisa menjadi momen pertukaran budaya dan informasi antar masyarakat Dayak serta mendorong geliat perekonomian setempat,” ujar Brigjen Pol. Sri Handayani.

Tak lupa juga Brigjen Pol. Sri Handayani mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk turut serta menjaga dan memelihara persatuan, persaudaraan dan toleransi yang sudah sangat luar biasa terkhususnya di Kab. Landak sendiri apalagi mengingat pemungutan suara tahun 2019 baru saja berlangsung.

“Bangsa Indonesia baru saja melaksanakan pesta demokrasi Pemilu 2019. Sungguh puji dan syukur kepada Tuhanw. Karena setiap tahapan yang lalu bisa berlangsung aman dan lancar, tentunya ini karena kerja keras kita semua, terutama berkat kesadaran masyarakat kalbar akan pentingnya kondusifitas kamtibmas selama dan pasca pemungutan suara Pemilu 2019,” ucap Brigjen Pol Sri Handayani sembari tersenyum.

“Oleh karenanya, saya mengajak kepada saudara-saudari yang hadir di sini untuk terus menjaga situasi kondusif dengan cara lawan & tidak mudah percaya dan menyebarkan info HOAX dan selalu pedomani 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI & Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya menutup sambutannya sambil diiringi tepuk tangan penonton.

Penulis: Anggi Perianto
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini