-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Puskesmas Serimbu Sosialisasi Bahaya Hepatitis di SMPN 1 Air Besar



Air Besar (Suara Landak) - Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Serimbu melakukan sosialisasi tentang bahaya penyakit Hepatitis.

Dalam kesempatan tersebut 457 siswa siswi mengikuti sosialisasi tersebut di Aula SMPN 1 Air Besar, Selasa (16/04/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut pegawai puskesmas Air Besar, Kepala SMPN 1 Besar dan siswa siswinya.

Mariati, pegawai puskesmas menjelasjan tentang jenis, penyebab dan bahaya penyakit hepatitis.

Jenis hepatitis ada 3, yaitu hepatitis A, B, dan C. Namun yang dibahas dalam sosialusasi tersebut adalah jenis B dan C.

 Hepatitis B adalah suatu penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus hevatitis B, bersifat akut dan kronik serta menyebabkan sirosis pengerasan hati/ kanker hati.

Penyebab penularan penyakit  hepatitis dapat melalui jarum suntik, hubungan seks bebas, tranfusi darah, penggunaan sikat gigi, tato, tindik, perawatan wajah, menicure/pedicure tidak stabil dan dari makanan yang tidak bersih serta sehat.

Sedangkan hepatitis C adalah suatu penyakit yang menyerang hati yang disebankan virus hapatitis C, yang sama dengan hepatitis B.

Akibat Hepatitis dapat menyebabkan kangker hati. Gejala Hepatitis adalah badan cepatlelah,mual,nyeri perut,demam,napsu makan kurang, mata agak kuning,air seni seperti air teh.

Pencegahannya dapat melalui imunisasi aktif, berupa HB 0 diberikan pada bayi yang baru lahir, imunisasi pada remaja dan dewasa setelah tes  laboratorium, imunisasi pasif ( limunoglobulin) diberikan terkontaminasi dengan darah penderita, seperti kecelakaan kerja ( ltertusuk jarum suntik), dan bayi baru lahir dari ibu yang menderita hepatitis B.

"Lakukan pemeriksaan hepatitis B, bagi ibu hamil untuk mencegah penularan terhadap bayi. Termasuk cuci tangan pakai sabun sebelum makan," ucap Mariati.

Kepala SMPN 1 Air Besar, Rupina sangat menyambut baik adanya sosialisasi ini, karena dapat mengingatkan dan memotivasi siswa dalan menjaga kesehatan mereka.

"Baik di sekolah maupun di rumah,"  harapnya.

Penulis : Ya' Habijan
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini