|

Streaming Radio Suara Landak

Pemkab Landak Dorong Petani Miliki Asuransi Usaha Tanam Padi



Ngabang (Suara Landak) - Pemerintah Kabupaten Landak mendorong agar para petani memiliki Asuransi Usaha Tanam Padi untuk melindungi usaha taninya.

Untuk itu, Pemkab Landak mengadakan workshop Asuransi Usaha Tanam Padi (AUTP) Tahun 2019 oleh Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) melalui Bidang Prasarana Sarana Pertanian.

Narasumber Workshop AUTP ini langsung dari Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dan dihadiri oleh seluruh  Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kabupaten Landak serta staf DPPKP.

Kegiatan workshop AUTP ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Evert Apat di aula DPPKP, Selasa (30/04/2019)

Dalam sambutanya Evert menyampaikan asuransi pertanian sangat penting bagi para petani untuk melindungi usaha taninya.

"Asuransi pertanian merupakan pengalihan resiko yang dapat memberikan ganti rugi akibat kerugian usaha tani sehingga keberlangsungan usaha tani dapat terjamin," ujar Everd, Selasa (30/4/2019).

Melalui asuransi usaha pertanian sambung Evert, dapat memberikan jaminan terhadap kerusakan tanaman akibat banjir, kekeringan, serta serangan hama dan penyakit tumbuhan atau organisme penganggu tumbuhan (OPT).

Sementara itu Langgeng kepala unit pemasaran Jasindo selaku Narasumber di workshop AUTP, menyampaikan bahwa program AUTP ini, suda mengguna kan sistem digital, yaitu program SIAP (Sistem Informasi Ansuransi Pertanian)

"Dimana nanti dimulai dari data CPCL (Calon Petani Calon Lapang) sampai dengan penyelesayai Klaim terkait di AUTP ini akan di akses melalui sistem SIAP ini," ujar Langgeng

Langgeng menegaskan Siapa pun nanti yang dapat paswod dan user name pada program ini bisa langsung mengakses sistim SIAP.

Penulis : Humas Pemda Landak
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini