-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Seminar Kebangsaan, Membangun Nilai Keberagaman : Peran Lembaga Pendidikan


Ngabang (Suara Landak) - STKIP Pamane Talino Ngabang menggelar seminar kebangsaan dengan tema membangun nilai keberagaman : peranan lembaga pendidikan, di Aula Paroki Ngabang, Rabu (20/03/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkompinda Landak, Kepala Sekolah se Landak, Pihak Kepoliisan, TNI, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Mahasiswa.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekda Landak Vinsensius yang mewakili Bupati Landak.

Narasumber J Robini Marianto, OP memaparkan materi terkait sejarah konflik keberagaman di dunia dan di Indonesia.

"Eropa di masalalu sulit sekali untuk dipersatukan akibat dari keegoisan masing-masing, namun Indonesia ini berbeda pada tahun 1945 kita sudah bicara tentang persatuan dalam keberagaman yang dicantumkan dalam Pancasila dan Undang-undang dasar 1945," jelasnya.



Hanya saja, sambung Robini bahwa di Asia khususnya di Indonesia masih kurang sadar akan kearifan lokal khususnya dalam menghargai perbedaan.

Paulus Florus narasumber lain menuturkan saat ini pengaruh teknologi memberikan dampak yang sangat besar kepada keberagaman dan sifat intoleran.

"Lembaga pendidikan harus mengambil sikap dalam menanamkan sifat toleransi kepada siswa dan juga fleksibel dalam melihat keberagaman," tuturnya.

Penulis : Tullahwi
Editor : Rie
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini