-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Komunitas GEMABETA Gelar Pelatihan Perancangan PLTS


Ngabang (Suara Landak) - Komunitas GEMABETA (Gerakan Masyaraka Bebas Pelita) menyelanggarakan pelatihan gratis pengenalan dan perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Sabtu (23/02/2019) di Ruang Seminar STKIP Pamane Talino Ngabang.

GEMABETA di bawah Yayasan Terang Nusantara Hijau sendiri merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang kewirausahaan sosial skala kecil dengan tujuan utama untuk membebaskan masyarakat dari pengunaan lampu minyak tanah pada desa-desa di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia.
 
Pelatihan ini dihadiri oleh 25 peserta yang berasal dari masyarakat umum, guru, siswa dan praktisi kelistrikan yang ada di Ngabang.

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Emilius Sudirjo yang merupakan seorang PhD Candidate di Environmental Technology Wageningen University, Belanda.


Emilius yang merupakan sekaligus merupakan project leader GEMABETA menyatakan dalam pemaparan materinya PLTS merupakan salah satu energi alternatif yang sangat ramah lingkungan.

"PLTS nantinya dapat digunakan sebagai alternatif sumber energi untuk daerah-daerah yang belum teraliri listrik,” terangnya.
 
Dalam pelatihan ini, peserta dibekali beberapa pengetahuan dan praktik mengenai PLTS diantaranya adalah tentang pengenalan dasar-dasar PLTS dan praktik menghitung serta merancang sistem PLTS berdasarkan kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, peserta juga dibekali dengan praktik instalasi sistem PLTS untuk rumah.

Sebagai penutup, Emilius berharap agar masyarakat mau beralih ke sumber energi bersih.

"Misalnya PLTS. GEMABETA siap membantu dalam konsultasi melalui website komunitas di www.gemabeta.org," tutup Emilius.

Penulis : Rilis
Editor : Tullahwi
Disisrkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini