-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Ketua DAD Sengah Temila Bentuk Panitia Naik Dango ke-34 Tahun 2019


Sengah Temila (Suara Landak) - Muspika Sengah Temila menghadiri rapat pembubaran dan sekaligus pembentukan panitia Naik Dango ke 34 tahun 2019 Kontingen Kecamatan Sengah Temila bertempat di gedung serba guna Kecamatan Sengah temila Kabupaten Landak, Selasa (26/02/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Sengah Temila, Ketua DAD Kecamatan Sengah Temila, para Kepala Desa, para Timanggong, Pesirah Adat Dayak dan para peserta Kontingen Naik Dango ke 34 Kecamatan Sengah Temila.

Menurut ketua DAD Kecamatan Sengah Temila,Yunus Alamin saat di dampingi oleh Timanggong sekaligus ketua panitia naik dango terpilih kecamatan Sengah Temila, Albinus Indarto yang biasa dipanggil Beben, ia memaparkan kegiatan pembentukan panitia naik dango yang ke-34 tersebut merupakan agenda tahunan, mengingat tanggal 27 April 2019 ini akan melaksanakan kegiatan Naik Dango di Rumah Radakng Aya Ngabang kabupaten Landak.

Acara Naik Dango ini merupakan kegiatan tahunan yang setiap tahunnya diadakan di tiga kabupaten, yakni kabupaten Landak, kabupaten Mempawah dan kabupaten Kubu Raya.

"Adapun tujuan Naik Dango ini adalah ungkapan syukur atas hasil panen padi bagi masyarakat Dayak, khususnya warga Dayak Kanayatn, Kalimantan Barat. Naik Dango adalah ritual adat yang dilakukan mulai dari menanam, memanen, hingga menyimpan padi yang diatur sedemikian rupa menggunakan ritual adat yang disebut Naik Dango,” kata Yunus Alamin ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolsek Sengah Temila Iptu Sujiyanto, ia menyampaikan apresiasi kepada pihak Dewan Adat Dayak Kecamatan Sengah Temila.

Menurutnya kegiatan Naik Dango merupakan membina pelestarian budaya adat Dayak dan agar semua peserta kompak pada saat nanti lnya bila mengikuti event di luar agar dapat membawa nama baik Kecamatan Sengah Temila dan juga berharap sebagai Polsek Lini terdepan Harkamtibmas terutama di bidang pembinaan dan pelestarian budaya sehingga terciptanya Harkamtibmas.

“Agar semua peserta kompak dan sportif pada saat nantinya bila mengikuti event di luar agar dapat membawa nama baik Kecamatan sengah temila dan saya juga berharap sebagai Polsek lini terdepan Harkamtibmas terutama di bidang pembinaan dan pelestarian budaya sehingga terciptanya Harkamtibmas,” Kata Kapolsek Sengah Temila ini.

Penulis : Simson
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini