![]() |
H. UNTOK |
Temanggong Binua Bilayuk, H. Untok menyayangkan sikap pihak PT. Hilton Duta Lestari Estate II yang sampai sekarang belum merealisasikan pengadaan fasilitas air bersih warga dusun Julak.
"Sangat disayangkan. Saya masih ingat.... saya diundang tatap muka tanggal 21-22 April 2010 oleh pihak Perusahaan. Mereka sosialisasikan bahwa kedepannya perusahaan mendukung perkembangan di Desa, baik itu Pendidikan, agama, olahraga dan lainnya. Sekarangan jangankan mendukung malah fasilitas warga rusak!. 4 tahun lebih fasilitas warga rusak tapi masih belum diadakan yang baru," ujar H. Untok, Senin (4/12).
Kepala Desa Bilayuk, Anes memerintahkan Pihak PT. Hilton Duta Lestari Estate II mengganti fasilitas sarana Air Bersih Warga dusun Julak secepatnya.
"Saya perintahkan pihak PT. Hilton Duta Lestari Estate II ganti segera sarana Air bersih. Ingat... warga bukan meminta atau mengemis dengan perusahaan. Ini perintah karena sudah merusak sarana Air Bersih warga. Semakin Banyak tanggungjawab kami di desa untuk peningkatan sanitasi dan program 4 kementrian pusat di Desa Bilayuk tapi kalau air tidak ada berarti menghambat program pemerintah di Desa. Harus secepatnya ganti.... ini perintah," terang perintah Anes.
Ketua pengadaan sarana Air Bersih Community Water Services Healt Project (CWSHP), Agustinus mengaku bosa dengan janji pihak Perusahaan untuk mengganti sarana air bersih di dusun Julak.
"Saya bosan mau berurusan dengan Pihak Perusahaan yang hanya terus mengiakan ketika disampaikan keluhan warga. Sudah mau 5 tahun kami tunggu realisasi janji mereka tapi sampai sekarang belum dikerjakan juga. Uang Rp. 150 jut dan swadaya tenaga warga mengadakan Sarana Air di dusun julak seolah tidak ada harganya bagi perusahaan. Sarana Air Bersih ini harus diganti secepatnya supaya Perdes yang sudah terbit juga bisa terlaksana," tutur Agustinus.
Penulis: Iman Ceriawan Gulo
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm