|
Streaming Radio Suara Landak

Limbah PT.Hilton Duta Lestari Diduga Rusak Air Bersih di Dusun Julak

SARANA AIR BERIH YANG RUSAK
Mempawah Hulu (Suara Landak) - Warga Dusun Julak Desa Bilayuk Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak,  Selasa (28/11), mengaku dirugikan oleh keberadaan perusahaan sawit di wilayahnya.

Ketua Dusun Julak, Martina T. mengatakan bahwa warganya sulit mendapat air bersih untuk dikonsumsi.

"Keberadaan PT. Hilton Duta Lestari Estate II di Desa Bilayuk bukan menguntungkan malah merugikan. Buktinya sekarang air kami tidak mengalir sampai ke rumah karena sumbernya kena limbah perusahaan sawit," ungkap Martina.

Ketua pelaksana pembangunan Community Water Services Health Project (CWSHP), Marius mengatakan bahwa sebelum PT. Hilton Duta Lestari Estate II masuk di Bilayuk warga dengan mudah dapat air bersih.

"Tahun 2011 warga Dusun Julak mudah dapat air bersih berkat proyek CWSHP. Air mengalir sampai kerumah warga. Ketika PT. Hilton Duta Lestari Estate II mulai menggarap lahan tahun 2012 air CWSHP rusak karena limbah tanah menyumbat intek air sehingga tidak bisa mengalir sampai kerumah warga lagi sampai sekarang," terang Marius

Kepala Desa Bilayuk, Anes membenarkan bahwa warganya sekarang susah mendapatkan air bersih dan sudah menerima laporan dari warga.

"Benar bahwa warga Dusun Julak sekarang tidak lagi dapat aliran air bersih CWSHP karena sudah rusak tersumbat limbah tanah PT. Hilton Duta Lestari Estate II. Sudah 4 tahun yang lalu warga melaporkannya di kantor Desa. Saya sudah menyampaikan kejadian ini ke pihak management perusahaan Sawit," ujar Anes.

Penulis: Iman Ceriawan Gulo
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini