|
Streaming Radio Suara Landak

Pj Bupati Landak Hadiri Penen Padi Perdana Poktan Sumber Harapan di Desa Serimbu

Pj Bupati Landak Hadiri Penen Padi Perdana Poktan Sumber Harapan di Desa Serimbu

Serimbu (Suara Landak) - Pj. Bupati Landak menghadiri panen padi perdana Kelompok Tani Sumber Harapan di Dusun Serimbu Desa Serimbu Kabupaten Landak Kalimantan Barat mengadakan, Sabtu (04/03/2023).

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak Sahbirin dalam sambutannya mengatakan bahwa petani di Dusun Serimbu Desa Serimbu, Kecamatan Air Besar sudah menggunakan sistem 2 kali tanam dalam setahun."Ternyata propitasnya hasil panennya mencapai 3,23 ton tanam tanpa pupuk, bayangkan saja kalau dipupuk mungkin bisa mencapai enam ton," ungkapnya.

Sahbirin mengucapkan terima kasih kepada petani yang telah melakukan penanaman padi dengan sistem dua kali tanam dalam setahun, hal tersebut tentunya bisa membantu menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Landak. "Saat ini di Kabupaten Landak sudah ada 68 ribu petani yang terdaftar dengan jumlah poktan 3000 lebih, melalui upaya para petani ini maka  ketahanan pengan di Kabupaten Landak bisa terpenuhi, khusus di Kecamatan Air Besar saja mencapai 3400 an ton, sehingga setiap tahunnya hasil panen kita selalu surplus," jelasnya.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani (HKTK) Kabupaten Landak HKTI Karolin Margret Natasa mengucapkan bahwa dirnya melihat sendiri peningkatan profitas pertanian di Desa Serimbu Kecamatan Air Besar."Walau pun saat saya masih menjabat sebagai Bupati Landak beberapa program pertanian haru terhambat karena pandemi covid-19," ucapnya.

Karolin berpesan agar para petani selalu menjaga kekompakan karena menurutnya jika proses tanam padi dilakukan secara sendiri-sendiri maka akan rentan terhadap hama. Selain itu dirinya juga merasa senang di Desa Serimbu sudah bergerak maju pertaniannya tidak hanya sawit, tapi juga padi dan jagung. "Panen dua kali dalam setahun sudah patut disyukuri, sebagai Ketua HKTI saya akan terus mendampingi para petani sehingga para petani dapat akses ke berbagai program," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama Pj. Bupati Landak Samuel saat hadir melaksanakan panen perdana merasa senang dan bangga dengan hasil panen yang diperoleh para poktan walau proses pertaniannya tanpa pupuk."Pertani harus semangat untuk bertani  agar Kecamatan Air Besar jadi penyumbang surplus padi di Kabupaten Landak," ujarnya.

Samuel menerangkan terkait dukungan sarana dan prasara tentu tidak langsung bisa dipenuhi mengingat banyaknya para petani dan kelompok tani yang ada di Kabupaten Landak."Kaitan dengan sara dan prasara yang jadi fokus adalah untuk perbaikan infrastruktur, bantuan untuk pertanian akan bertahap, mohon bapak ibu maklumi," terang Pj. Bupati.

Pj Bupati Landak juga berharap para petani tidak patah semangat dalam bertani sehingga produktifitas pertanian di Serimbu bisa terus meningkat."Selamat kepada petani di Dusun Serimbu dan apresiasinya dengan upaya bertani sehingga nantinya Kabupaten Landak bisa jadi lumbung padi di Kalbar," pungkas Samuel.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat mesin pertanian power threser secara simbolis, penyerahan santunan kematian dari BPJS ketenagakerjaan, serta kartu peserta BPJS ketenagakerjaan. Turut hadir dalam acara Kepala Bappeda Kabupaten Landak, Staf Ahli Bupati Landak, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Kalbar, pihak BPS, Camat Air Besar, Forkopimcam Air Besar, para Kades dan undangan lainnya.

Diskominfo Landak / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini