|

Streaming Radio Suara Landak

Staf Ahli Bupati Landak Hadiri Sosialisasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024

Staf Ahli Bupati Landak Hadiri Sosialisasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024

Menyuke (Suara Landak) - Staf Ahli Bupati Landak bidang Hukum dan politik Nikolaus, SH mewakili PJ Bupati Landak Menghadiri Sosialisasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 dengan tema Pemilih Cerdas Pemilu Berintegritas yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Landak, di aula Paroki Darit. Senin, (19/12/2022).

Narasumber dari Sosialisasi ini Anggota Komisi II DPR RI Drs. Cornelis,.MH dan dihadiri oleh Camat Manyuke, Kades Se-Kecamatan Menyuke, Ketua BPD Se-Kecamatan Menyuke, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Panwascam Menyuke, Pimpinan Ormas di Menyuke dan Undangan Lainya.

Dalam Kesempatan tersebut Nikolaus menyampaikan bahwa Pemilihan umum atau biasa disebut pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, serta kepala daerah baik Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Wali kota secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil berdasarkan UUD 1945.

"Sosialisasi ini adalah salah satu proses penyampaian informasi pemilu atau pemilihan, sedangkan pendidikan pemilih adalah proses penyampaian informasi pemilu atau pemilihan kepada pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran pemilih tentang pemilu atau pemikih secara berkelanjutan dan berkesinambungan," ujar Nikolaus.

Lebih lanjut Nikolaus mengatakan sosialisasi ini dapat menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program Pemilu serta meningkatkan pengetahuan, Pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam Pemilu, dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu.

"Pelaksanaan sosialisasi dalam penyelenggaraan Pemilu yang berpedoman pada asas mandiri, jujur dan adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas, aksibikitas serta proporsional," terang Nikolaus.

Ia berharap dengan kegiatan ini nantinya akan tumbuh kesadaran yang tinggi sebagai warga negara yang baik, sadar akan hak dan kewajiban serta memiliki tanggung jawab yang dilandasi oleh nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pada akhirnya para peserta dapat menjadi agen-agen sosialisasi politik dalam upaya mewujudkan masyarakat yang demokratis, cerdas, dan bermartabat," harapnya.

Samuel menyampaikan bahwa Kegiatan ini sesungguhnya merupakan sarana agar masyarakat bisa memberikan hak pilihnya pada pemilihan serentak di tahun 2024 mendatang.

"Berkenaan dengan hal tersebut maka saya mengharapkan kegiatan ini dapat di ikuti dengan baik guna meningkatkan wawasan dan kecerdasan politik yang akan datang," tutup Nikolaus.

Diskominfo Kabupaten Landak / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini