|
Streaming Radio Suara Landak

Pj Bupati Landak Pimpin Upacara Pembukaan Gerak Jalan Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya Ke-74

Pj Bupati Landak Pimpin Upacara Pembukaan Gerak Jalan Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya Ke-74

Mandor (Suara Landak) - Pj. Bupati Landak Samuel memimpin Upacara Pembukaan Gerak Jalan Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya Ke-74 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Korps Infanteri Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), di Makam Juang Mandor, Kecamatan Mandor. Sabtu (17/12/2022) sore.

Turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Landak, Pejabat Utama Kodam XII/Tpr, Komandan Rindam XII/Tpr, Wadan Rindam XII/Tpr, Pejabat Utama RIndam XII/tpr, Forkopimcam Mandor, tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat, para prajurit dan tamu undangan lainnya. Dalam amanat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto yang dibacakan oleh Pj. Bupati Landak Samuel disebutkan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi Korps Infanteri yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Koprs Infanteri pada setiap tahunnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan, semnagat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada generasi muda TNI AD,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengenang sejarahh pejuang bangsa Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam memimpin pasukan melaksanakan perang gerilya dari satu tempat ke tempat lain, demi mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ingin direbut Kembali oleh penjajahan Belanda.

“Tradisi berjalan kaki bagi prajurit Infanteri merupakan wujud dari penghayatan semangat juang peristiwa Palagan Ambarawa yang terjadi pada beberapa puluh tahun yang lalu, saat itu Tentara Keamanan Rakyat (TKR) bersama dengan rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang melawan Sekutu,” tutur Samuel.

Tidak lupa Samuel berharap kepada Pasukan Gerak yang akan mengawal panji-panji dan simbol Korps Infanteri agar setiap kegiatan dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan.

“Kepada Pasukan Gerak yang akan mengawal panji-panji dan simbol Korps Infanteri saya berharap agar setiap kegiatan dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan serta dilandasi semangat juang yang tinggi untuk Kembali menggelorakan semangat perjuangan dalam merebut kemerdekaan, memelihara dan mewujudkan jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional,” tutup Samuel.

Diskominfo Kabupaten Landak / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini