|
Streaming Radio Suara Landak

Panen Perdana Penangkaran Benih Padi di Jelimpo

Sejumlah undangan hadir dalam panen perdana penangkaran benih yang dikelola Gapoktan Bosdatan di Jelimpo.

Jelimpo
(Suara Landak) - Gapoktan Bosdatan melakukan panen perdana penangkaran benih padi Cakrabuana Agritan di Selaba Desa Dara itam Kecamatan Jelimpo, Kamis (9/9/2021).

Dalam sambutan Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Sahbirin mengatakan program penangkaran benih padi unggul ini tidak berhenti sampai disini saja, karena kebutuhan benih padi unggul bersertifikat yang di kabupaten Landak sangat besar.

Kepada petani diharapkan penangkaran benih di Desa Dara Itam ini terus melakukan program penangkaran benih padi, agar tidak kekurangan ketersediaan benih padi unggul bersertifikat di Kabupaten Landak khususnya di Desa Dara Itam.

"Dengan menggunakan benih padi unggul yang bersertifikat dapat meningkatkan hasil panen yang berlimpah, karena benih merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pertanian," tegas sahbirin.

Ia juga mengapresiasi langkah KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo yang telah membina dan memberikan kontribusi kepada petani penangkar benih padi unggul di desa dara itam khusunya kepada Gapoktan Bosdatan.

"Tentu pemerintah kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak mendukung dan siap untuk mendampingi serta mendukung program penangkaran Benih ini," lanjut Sahbirin.

Di tempat yang sama Ketua Pengurus KSP-CU Pancur Kasih Pusat Gabriel Marto menyampikan bahwa CU Pancur Kasih ambil bagian dalam program penangkaran benih padi unggul ini. Karena para petani perlu dukungan untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih baik lagi.

"Dengan mempersiapkan benih padi unggul bersertifikat dapat menghasilkan hasil produksi yang meningkat. Hal ini juga dapat menorehkan sejarah yang sangat berarti untuk para petani, semoga hasil panen ini dapat memberikan stok benih padi di Kecamatan Jelimpo," kata Marto.

Marto juga mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan sangat memberikan perhatian yang sangat luar biasa dalam pemembinaan dan pendampingan para petani di Kabupaten Landak ini, Serta memberikan bantuan Alsintan kepada kelompok-kelompok tani yang ada.

"Sementara itu KSP CU Pancur Kasih berperan untuk mendampingi anggota CU turut serta membina kelompok-kelompok tani, saya berharap kepada Gapoktan Bosdatan tetap menjaga kekompakan, Semangat dan terus menerus menjadi petani penangkar benih padi unggul," jelasnya.

Program penangkaran benih padi unggul ini dapat berjalan lancar atas dukungan dari Pemkab Landak Melalui DPPKP, Koordinator Pengawas benih tanaman pangan dan hortikultura Landak, Koordinator POPT Landak, PPL Desa Dara itam, Dosen Politeknik Tonggak Equator, KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo dan Terkhusus buat Staf Usaha Produktif KSP CU Pancur Kasih Kalbar yang secara langsung turun dilapangan mensukseskan penangkaran benih padi unggul ini.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Bidang Penyuluhan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala BPS Landak, Camat Jelimpo, ketua pengurus KSP- CU Pancur kasih Pusat, Koordinator Pengawas Tanaman Pangan dan Hortikultura Landak, Koordinator POPT Landak, Kepala BP2K Jelimpo Kades Dara itam, Kades Pawis Hilir, Manajer KSP-CU Pancur Kasih TP. Jelimpo, Staf Usaha Produktif KSP CU Pancur Kasih Pusat, Babinkamtibmas Jelimpo dan seluruh anggota Gapoktan Bosdatan. (MC/fik)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini