-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Suasana Balala' di Menjalin, Aktivitas Masyarakat Lengang

Suasana lengang di Kecamatan menjalin.

Menjalin
(Suara Landak) - Babinsa Koramil 1201-06/Menjalin, Serda Winoto melakukan pemantauan situasi saat pelaksanaan adat Balala' di wilayah Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Kamis (27/5/2021).

Winoto mengatakan, hingga pukul 09.00 Wib, pasar serta jalan terpantau lengang, tdak ada satupun rumah warga ataupun warung  serta toko yang buka.

"Hanya Kantor Koramil, Polsek dan Puskesmas yang buka. Karena tiga instansi tersebut adalah pelayan masyarakat yang siaga, bahkan bank dan SPBU-pun ikut tutup," jelas Babinsa.

Jalan raya di Menjalin tampak lengang.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pelestarian Adat Dan Budaya (KPADB) Kecamatan Menjalin, Yuno mengatakan bahwa Balala' merupakan ritual adat yang religius, karena bertujuan mengajak orang untuk melakukan introspeksi dan merenungkan kembali segala yang telah dibuat demi kebaikan di hari depan.

"Di dalam kegiatan ini juga ada unsur tolak bala yang fungsinya meredam kejadian-kejadian yang dapat mengganggu kehidupan manusia dan diyakini bisa menjauhkan segala bentuk malapetaka serta marabahaya. Sehingga masyarakat ikut andil dan mengikuti semua aturan dalam pelaksanaan Balala' ini,” tutup Yuno. (Rilis/Fik)

Disiarkan : Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini