-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Berpantang Selama 3 Hari, Warga Saham Gelar Upacara Adat Lala' Binua

Kapolsek Sengah Temila, Ipda Yulianus Van Chanel menghadiri ritual adat Nabok Panyugu di Desa Saham.

Suara Landak
- Tepatnya di Panyugu Dusun Pate Desa Saham Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak telah dilaksanakan kegiatan Ritual Adat Istiadat Lala' Binua (berpantang), Jumat (28/5/2021).

Dalam kegiatan ritual tersebut hadir Camat Sengah Temila Ericanes Panjuga Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel, Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto, Dewan Adat Dayak Kecamatan Ngabang, Kades Saham Musmulyadi, Timanggong Binua Samahung Raya FX. Iloei, Pengurus Adat Dusun Pate, Pemuda Dusun Pate dan masyarakat Sekitar.

Kegiatan Ritual Adat Nabok Panyugu ini guna melaksanakan Pembukaan Adat Balala' (berpantang) yang akan dilaksanakan oleh masyarakat Desa Saham selama 3 hari, mulai tanggal 28 hingga 30 Mei 2021.

Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto yang akrab dipanggil Beben  mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa Saham agar dapat mematuhi ritual Adat istiadat berpantang seperti menghindari kegiatan bersiul, berkelahi, membunuh hewan, berjualan daging maupun sayur mayur dan menebang pohon.

"Barang siapa yang melanggar akan diberikan sangsi adat, sesuai dengan adat istiadat Lala' Binua," tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel mengatakan bahwa kegiatan Adat istiadat berpantang (lala') untuk Desa Saham dilaksanakan setiap tahun guna meminta kepada Jubata (Tuhan) agar diberikan keselamatan dan kesehatan serta untuk pencegahan wabah Covid-19.

"Berharap kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum selama masa berpantang," harap Kapolsek Sengah Temila.

Ia juga berpesan agar jangan sampai ada yang merusak serta mengotori kegiatan adat istiadat yang sakral tersebut dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang banyak.

"Mari kita lestarikan dan menjunjung tinggi Adat istiadat pantang (lala) binua ini yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita" kata Ipda Chanel. (Son/Fik)

Disiarkan : Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini