|
Streaming Radio Suara Landak

Sepatu Kets Kanye West Terjual Harga Rekor Rp26 Miliar

Sepasang sepatu kets prototipe 'Nike Air Yeezy 1' yang dirancang oleh Kanye West, dipajang di Pusat Konvensi dan Pameran Hong Kong sebelum dijual secara pribadi di Sotheby, di Hong Kong, Cina, 16 April 2021. (Foto: REUTERS/Joyce Zhou)

Suara Landak
- Dilansir dari VOA, sepasang sepatu prototipe Nike yang dikenakan Kanye West dalam pertunjukan "Hey Mama" dan "Stronger" di Grammy Awards 2008, memecahkan rekor harga penjualan sepatu kets. 

Balai lelang Sotheby mengumumkan pada Senin (26/4) bahwa Nike Air Yeezy 1 "Grammy Worn" milik West terjual seharga $1,8 juta atau setara Rp26 miliar dalam penjualan tertutup. Sepatu itu dibeli oleh RARES, marketplace investasi sepatu kets. 

Dilansir dari kantor berita Associated Press, penjualan tersebut menandai harga perjualan tertinggi yang tercatat secara publik untuk penjualan sepatu kets dan sepasang sepatu kets pertama yang mencapai harga $1 juta atau sekitar Rp14,5 miliar. Sotheby menjadi perantara dalam penjualan secara tertutup itu. 

Sepatu berukuran 12 yang dirancang oleh West dan Mark Smith terbuat dari kulit hitam lembut dengan detail berlubang di seluruh bagian atas, dan bagian tumit diberi gambar merek Nike, Swoosh. Desainnya menampilkan tali sepatu Yeezy yang ikonik dan liontin ‘Y” yang diikat dengan tali sepatu khas berwarna merah muda cerah. 

Harganya hampir tiga kali lipat dari harga rekor lelang untuk sepatu kets dalam lelang di Christie pada 2020, yaitu Rp 8,9 miliar. Sepatu tersebut adalah sepasang Jordan 1s ’85 yang digunakan oleh pebasket superstar Michael Jordan saat dia memecahkan papan bola basket dalam laga pramusim di Italia. 

"Kami sangat senang dengan hasilnya, yang hampir tiga kali lipat dari harga tertinggi,” kata Brahm Wachter, kepala koleksi streetwear dan modern Sotheby, dalam sebuah pernyataan.  

"Penjualan tersebut berbicara banyak tentang warisan Kanye sebagai salah satu perancang busana dan sepatu paling berpengaruh di zaman kita, dan tentang waralaba Yeezy yang telah ia bangun yang telah menjadi raksasa industri."

Sumber : VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini