|

DPPKP Landak Lakukan Vaksin Gratis dalam Rangka Peringati Hari Rabies Sedunia

Petugas Klinik Hewan DPPKP Landak menyuntikkan vaksin rabies.
Ngabang (Suara Landak) - Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak menggelar vaksin rabies gratis kepada hewan peliharaan pada 28-30 September 2020 lalu, hal ini dilakukan dalam rangka memperingati hari rabies sedunia.

"Ini sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat kita yang memiliki hewan peliharaan, jadi kita laksanakan vaksin," pungkas Kepala DPPKP Landak, Sahbirin, Kamis (1/10/2020).

Menurut Sahbirin, DPPKP gencar melakukan vaksin rabies sejak tahun 2018. Hal tersebut dilakukan karena pada tahun itu terdapat 14 kasus kematian akibat rabies di Landak.

Selanjutnya, pada tahun 2019 kasus kematian akibat rabies dapat ditekan pada angka nol. Hingga kini pada tahun 2020, Sahbirin menuturkan belum ada kasus kematian akibat rabies di Landak.

"Jadi 2018 itu puncaknya, bahkan korban kita 14 orang. Pada tahun 2019 nol, sekarang juga belum ada kasus. Memang ada yang tergigit tetapi tidak ada yang meninggal," ujarnya.

Terjadinya penurunan kasus rabies ini, kata Sahbirin, disebabkan Pemkab Landak terus gencar melakukan vaksin pada sejumlah daerah yang dinilai rawan.

Sahbirin menyebutkan DPPKP Landak tahun ini telah melaksanakan vaksin terhadap hewan peliharaan di Desa Sebatih Kecamatan Sengah Temila sebanyak 685 ekor.

Desa Kayu Tanam Kecamatan Mandor 300 ekor dan yang datang di Klinik Hewan DPPKP Landak sebanyak 30 ekor.

Adapun total vaksinasi rabies yang telah dilaksanakan DPPKP Landak pada tahun 2020 ini mencapai 14.150 ekor pada 68 desa dari 9 kecamatan di Kabupaten Landak melebihi tahun 2019 yang berjumlah 10 ribu ekor. (Fik/Hen)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini