|

Kapolsek Menyuke: Bahaya Rabies Perlu Diketahui Masyarakat

Kapolsek Menyuke menghadiri sosialisasi bahaya rabies

Menyuke (Suara Landak) - Kapolsek Menyuke menghadiri sosialisasi penanggulangan rabies di balai pelatihan Desa Gamang, Kecamatan Banyuke Hulu, Kabupaten Landak, Selasa (04/02/2020).

Dihadiri oleh Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Camat Banyuke Hulu diwakilkan Steven Wa'u, Kapolsek Menyuke Akp Sujiyanto dan anggota, Kepala Desa Gamang Bapak Edi dan perangkatnya, Ketua PKK Desa Gamang serta warga Desa Gamang.

Tujuan diadakannya sosialisasi penanggulangan rabies ini adalah untuk menghentikan atau meminimalisir korban serta penyebab dari virus Rabies.

Sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat bahaya, ciri-ciri, serta cara mencegah atau pengendalian penyakit Rabies.

Rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Virus Rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, dan kelelawar, apabila tergigit oleh binatang yang terinfeksi virus tersebut sehingga kondisi ini dapat berakibat fatal.

"Terima kasih kepada pihak terkait yang mengadakan acara sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi seluruh warga, terlebih di wilayah Kecamatan Banyuke Hulu memang banyak anjing yang bekeliaran," ujar Sujiyanto.

Kapolsek tak lupa menghimbau kepada seluruh warga yang hadir agar memperhatikan materi sosialiasi yang di bawakan oleh ahlinya agar dapat mencegah terjadinya penyakit Rabies.

“Sosialisasi ini penting untuk diketahui oleh masyarakat, saya berharap kita semua dapat menjadi penyambung bagi seluruh masyarakat terkait bahaya Rabies dari sosialisasi yang kita dapatkan hari ini, dengan harapan desa kita menjadi desa yang bebas Rabies”. Ungkap Kapolsek Menyuke.

Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian yang menjadi narasumber menyampaikan berbagai macam informasi terkait Rabies, seperti bahaya penularan Rabies oleh hewan peliharaan, ciri-ciri hewan maupun orang yang terjangkit Rabies, serta tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi infeksi virus Rabies.

Sosialisasi ini di sambut baik oleh masyarakat Desa Gamang terlihat dari banyaknya warga yang berinteraksi saat sesi tanya jawab, hingga akhir sosialisasi, situasi berlangsung tertib. (Leo/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini