|

Tempat Keramat Desa Pahokng Dirusak, Timanggong Lapor Polisi

Suasana mediasi

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Unit Reskrim Polsek Mempawah Hulu memediasi permasalahan pengrusakan Padagi atau tempat keramat di Desa Pahokng, Kamis (17/10/2019).

Dari Hasil mediasi pasca pengrusakan Padagi atau tempat keramat Pahokng di Polsek Mempawah Hulu Bidai Binua yang merupakan keturunan pengurus keramat didatangi penunggu keramat berupa naga air yang meminta agar tempat tersebut segera diadati.

hasil penelusuran tim dalam mimpinya bidai binua didatangkan tempayan mini antik berwarna putih yang berlukiskan naga biru di tempayan.

Setelah mendapat aduan dari Timanggong Pahokng selaku pelapor yang melaporkan tentang adanya dugaan pengrusakan padagi atau tempat keramat, Unit Reskrim polsek Mempawah Hulu pun langsung memanggil pihak terlapor untuk selanjutnya diadakan mediasi di Polsek Mempawah Hulu.

Dalam mediasi ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Mempawah Hulu Ipda Zulianto, dalam penyampaiannya Kapolsek berharap permasalahan ini dapat diselesaikan secara musyawarah kekeluargaan.

"Permasalahan ini kita mediasi secara kekeluargaan agar tidak ada yang menyalahi adat, karena Masyarakat kita adalah Masyarakat adat, dan tempat yang dipermasalahkan juga merupakan tempat adat," Ucapnya.

Dari mediasi tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa lahan tersebut akan dikembalikan kepada pihak adat melalui pengurus desa dan untuk tempat yang sudah rusak akan direhab kembali dan diadat sesuai kearifan lokal daerah tersebut.

Mikael Timanggong Desa Pahokng mengucapkan terimakasih kepada Polsek Mempawah Hulu Khususnya Kapolsek Mempawah Hulu yang dengan cepat merespon serta menyelesaikan permasalahan ini.


Penulis  : Adven
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini