|

Streaming Radio Suara Landak

Desa Ngarak Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla

Peserta rapat koodinasi penanganan karhutla di Desa Ngarak

Mandor (Suara Landak) - Rapat koordinasi penanganan Karhutla di Kantor Desa Ngarak Kecamatan Mandor Kabupaten Landak,  Selasa (19/09/2019).

Kegiatan rapat koordinasi tersebut bertujuan mengkomunikasikan kerjasama dalam penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah desa Ngarak kecamatan Mandor kabupaten Landak dengan aparat desa, tomas, todat, toda serta masyarakat desa Ngarak.

Mengingat di wilayah desa Ngarak sendiri terdapat beberapa titik kebakaran yang menimbulkan asap yang perlu segera dipadamkan oleh pihak terkait bekerjasama dengan masyarakat.

Pada kesempatan terpisah Ramsiah selaku Kepala Desa Ngarak saat dihubungi via telepon menyampaikan bahwa menyambut baik rapat koordinasi antara aparat desa dengan masyarakat terkait rencana penanganan karhutla berupa rencana akan memadamkan api secara bersama-sama oleh masyarakat.

"Saya tegaskan akan ikut turun memadamkan," tegas ibu berambut pendek itu.

Darius selaku Timanggong desa Ngarak  menyampaikan akan mendukung dan berterimakasih atas kepedulian masyarakat desa Ngarak terkait kondisi kabut asap akibat Kathutla yang terjadi dibeberapa wilayah utamanya di wilayah desa Ngarak.

"Saya berharap masyarakat dapat mendukung dan bekerjasama dengan baik dengan ikut terlibat dalam upaya pemadaman api tersebut," tutur pri berbadan tegap ini.

Topan salah satu warga yang hadir mengatakan bahwa sekarang ini diperlukan kepedulian sebagai masyarakat untuk terlibat langsung dalam upaya pemadaman karhutla yang terjadi di wilayah desa Ngarak.

"Kita tidak hanya mengharapkan atau mengandalkan pemerintah dalm hal ini TNI/POLRI yang dikedepankan dalam penanganan Karhutla, apalagi mengingat situasi kabut asap yang semakin parah sangat diperlukan andil masyarakat," tegasnya.

Bripka Yakob selaku Bhabinkamtibmas menyampaikan  bahwa kegiatan rapat koordinasi ini diselenggarakan sebagai bentuk kerjasama atas keprihatinan masyarakat atas situasi kabut asap yang semakin pekat dan parah diakibatkan adanya karhutla.

"Rencana kegiatan pemadaman karhutla di desa Ngarak tersebut dijadwalkan selama dua hari yaitu hari Jumat dan Sabtu pekan ini," terang Yakob.

Untuk itu diperlukan kerjasama dan kehadiran masyarakat untuk bersama-sama turun dalam kegiatan pemadaman tersebut, tanpa berpikir itu bukan tugas masyarakat dan sudah ada petugasnya.

Bhabinkamtibmas juga berpesan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah terutama bagi anak- anak.


Penulis : YKB
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini