|

Streaming Radio Suara Landak

Pasca Disegel Kantor PT. PI Kembali Beroperasi



Ngabang (Suara Landak) - Polsek Ngabang amankan pembukaan segel di kantor PT. Pratama Indotropical Desa Sungai Keli Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak. Senin (24/06/2019).

Kantor PT. Pratama Indotropical ( PT. PI ) sempat tidak bisa beroperasi karena disegel puluhan orang yang mengatasnamakan sebagai penyerah lahan atau petani kebun plasma pada tanggal 18 Juni lalu.

Salah satu alasan terjadinya aksi penyegelan dikarenakan pembayaran TBS Sawit kebun plasma selama 3 bulan yang dirasa tidak memuaskan bagi para petani kebun plasma.

Akibat dari aksi penyegelan tersebut ratusan karyawan PT. PI tidak dapat bekerja.

Setelah melalui proses panjang akhirnya segel yang ada di kantor PT. PI dibuka kembali atas pertimbangan para tokoh adat dan para karyawan PT. PI.

Pembukaan segel Kantor PT. PI dihadiri Kasi Pembinaan dan pengawasan perkebunan Disbunhut Landak Aswanto, Kabag Ops Polres Landak Kompol Asmadi, Kapolsek Ngabang Kompol B. Sembiring SH MH, Kasat Binmas Polres Landak Ipda Asep, Kasat Sabhara Iptu Joko Prakoso, Pihak PT. PI dan para tokoh adat serta para karyawan PT. PI yang berjumlah sekitar 100 orang.

Ritual pembukaan segel di kantor PT. PI dipimpin oleh Timanggong Binua Banyuke Tengah Oleng.

Proses pembukaan segel dilakukan secara adat Dayak dengan sebutan adat " Buis Tunggal Pengurus dan Adat Buka Pagar ".

"Kok pasang adat penyegelan tidak koordinasi dulu dengan pengurus adat yang punya wilayah, jadi kami pengurus berhak bertindak" jelas Oleng.

Akan tetapi sampai dengan usai pembukaan segel, para oknum yang mengatasnamakan para penyerah lahan atau para petani kebun plasma yang melakukan penyegelan tidak datang walau sudah diundang oleh Oleng selaku Timanggong Banyuke Tengah.

Dalam imbauannya kepada para karyawan di kantor PT. PI, Kapolsek Ngabang mengatakan apabila ada permasalahan dengan perusahaan agar berkoordinasi dengan Disbunhut Kabupaten Landak dan diselesaikan dengan baik.

" Selesaikan segala masalah dengan musyawarah mufakat. Disbun dan Kepolisian akan bantu memfasilitasi karena kami dalam posisi netral," imbau B. Sembiring.

Proses pembukaan segel berakhir damai hingga sore hari yang melibatkan puluhan anggota pengamanan dari Polres Landak dan Polsek Ngabang.

Penulis : Bayu
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini